Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional Resmi Dimulai

Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Kemenristekdikti Misbah Fikrianto didampingi Direktur Poltera Arman Jaya memukul gong tanda dibukanya secara resmi KKCTBN 2018. (RUSYDI ZAIN/RadarMadura.id)

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018 resmi dimulai Minggu (18/11). Pembukaan event nasional itu berlangsung di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI), Kecamatan Camplong, Sampang.

SAMPANG-KABARE.ID: Sebanyak 45 tim dari 25 perguruan tinggi ikut serta dalam kegiatan ini. Hadir saat pembuaan, Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Kemenristekdikti Misbah Fikrianto, Direktur Poltera Arman Jaya, perwakilan Forkopimda Sampang, para juri, dan undangan.

Sebelum dibuka, hadirin disuguhi penampilan kesenian Madura, antara lain; tari batik, tari topeng, serta pencak silat yang diiringi musik daul dug-dug. Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Kemenristekdikti Misbah Fikrianto.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan balon disertai tepuk tangan. ”Kegiatan ini adalah kerja sama antara Kemenristekdikti dengan Politeknik Negeri Madura,” kata Misbah Fikrianto.

Tujuan KKCTBN 2018 dalam rangka mengembangkan keilmuan di bidang perkapalan dan kemaritiman. Selain itu, demi mengembangkan potensi dan bakat mahasiswa. ”Juga dalam rangka mengembangkan dan mendorong potensi destinasi wisata Madura di bidang kemaritiman dan kelautan,” jelas dia.

Pemenang KKCTBN di masing-masing kategori akan diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada peserta. Diharapkan peserta mengembangkan teknologi kapal yang lebih baik agar pembelajaran di kampus bisa diimplementasikan di kontes dan perlombaan seperti ini.

Selain itu, KKCTBN bisa dijadikan referensi oleh pemerintah di wilayah Madura bagaimana cara mengembangkan potensi laut dan alamnya. ”Ini juga sebagai salah satu promosi untuk industri kapal Indonesia di masa depan,” tegasnya.

Direktur Politeknik Negeri Madura (Poltera) Arman Jaya mengatakan, dari target 30 tim yang akan mengikuti KKCTBN tahun ini, ternyata membeludak hingga 45 tim dengan 180 peserta. Setiap tim diisi tiga mahasiswa dan satu pendamping.

”Ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Madura. Semoga kegiatan ini menambah semangat civitas akademika Poltera dan masyarakat Madura untuk lebih menghargai potensi alam dan laut Madura,” ujarnya.

”Jaya selalu Politeknik Negeri Madura, jaga sportivitas. Menang kalah itu biasa, tetap jaga prestasi untuk membanggakan negeri,” tandas dia. (JPC/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post