Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Kongres Bahasa Indonesia XI Digelar di Jakarta

Taklimat media Kongres Bahasa Indonesia XI di Kantor Kemendikbud, Rabu (24/10/2018). (Foto: Kemdikbud)

Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XI akan diselenggarakan di Jakarta pada 28-31 Oktober 2018 dengan mengusung tema “Menjayakan Bahasa dan Sastra Indonesia”.

JAKARTA-KABARE.ID: Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dadang Sunendar mengatakan, Kongres Bahasa Indonesia saat ini telah menjadi pertemuan internasional karena merupakan forum untuk pecinta dan pemerhati bahasa dan sastra yang membahas berbagai persoalan kebahasaan dan kesastraan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Kongres Bahasa Indonesia juga mengingatkan kita agar tidak hanya mengingat Sumpah Pemuda pada nomor satu dan dua saja. Namun juga yang ketiga, yaitu menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia,” ujarnya di Kantor Kemendikbud, Rabu (24/10/2018).

Kongres Bahasa Indonesia XI rencananya akan dihadiri oleh 1.032 peserta yang terdiri dari 9 pemakalah kunci, 18 pemakalah undangan, 72 pemakalah seleksi, dan 932 peserta undangan. Pemakalah tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga berasal dari negara lain seperti Australia, Belanda, India, dll.

Dalam Kongres Bahasa Indonesia XI direncanakan akan diluncurkan delapan produk baru Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, antara lain KBBI Braille, Peta Bahasa di Indonesia, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Daring, Korpus Indonesia (KoIn), Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Daring, Buku Sastrawan Berkarya di Daerah 3T, 546 Buku Bacaan Literasi, dan Kamus Vokasi. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post