Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Komunitas Salihara Gelar Drama Audio Virtual "Jembangan Pecah"

Foto: Istimewa

Drama Audio: Jembangan Pecah merupakan sebuah saduran dari Der zerbrochene Krug karya Heinrich von Kleist (Jerman). Pertunjukan ini akan disiarkan di kanal-kanal digital Komunitas Salihara Arts Center pada 29-30 Desember 2020.

JAKARTA - KABARE.ID: Sebagai penutup tahun 2020, Komunitas Salihara Arts Center mempersembahkan Drama Audio Jembangan Pecah, berdasarkan naskah drama mahakarya Heinrich Wilhelm von Kleist, penyair Jerman abad 19. 

Naskah ini menanggapi sistem hukum dalam balutan narasi yang kocak. Naskah ini pun telah disadur dan diadaptasi ke dalam konteks budaya dan sosial di Indonesia.

Jembangan Pecah menceritakan misteri pecahnya jembangan (guci) kesayangan Bu Marto (Anggiyandra), dan penyusupan seseorang di kamar Siti (Putri Ayudya), putri Bu Marto. Ia menuduh Darta (Arief Sufyan) sebagai pelaku. Sementara itu Pak Lurah (Kiki Narendra) yang sedang repot karena kehilangan kupluknya一ditambah lagi karena kedatangan mendadak Inspektur dari kota (Sam Ancoe Amar)一harus mengusut siapa si penyusup badung ini. Belum lagi ulah Sekdes Teja (Muhammad Khan) yang bikin situasi tambah heboh.

Dengan kepiawaian para aktor seperti Kiki Narendra, Muhammad Khan dan Putri Ayudya yang berprestasi di bidang teater dan film, drama audio ini akan menjadi pengalaman baru menikmati seni pertunjukan yang selama ini terhenti sejak pandemi COVID-19.

Drama audio Jembangan Pecah adalah produksi kedua Komunitas Salihara Arts Center, setelah sebelumnya sukses dengan drama audio Pinangan pada Agustus 2020 lalu yang juga disutradarai oleh Rukman Rosadi. 

Rukman Rosadi adalah pendiri dan sutradara dari Saturday Acting Club (SAC) Yogyakarta yang sampai hari ini telah menampilkan puluhan pertunjukan seni di dalam dan luar negeri. Ia juga berperan di beberapa film layar lebar dan film pendek, mengajar bidang keaktoran di Jurusan Teater Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta, serta membimbing Kelas Akting Salihara.

Jembangan Pecah mulai dapat disaksikan di kanal-kanal digital Komunitas Salihara Arts Center: Spotify, Google Podcast dan Apple Podcast pada 29-30 Desember 2020. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post