Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Komunitas Motor Trail Waropen Menjelajahi Papua

Komunitas motor trail Waropen Lumpur (foto: Papua Kini)

Mereka menyusuri jalan Trans Papua mengendarai motor trailnya sejauh 760 km dalam waktu 3 hari.

WONDAMA-KABARE.ID: Sebanyak 33 pengendara motor trail yang tergabung dalam Komunitas motor trail bernama Waropen Lumpur Community menyusuri jalan Trans Papua-Papua Barat untuk menjumpai Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan. Rombongan Touring Adventure dari Kabupaten Waropen, Papua ini, tiba di Manokwari, Papua Barat pada Minggu (14/7). Mereka kemudian disambut Gubernur Dominggus pada Senin (15/7).

Komunitas Waropen Lumpur mengendarai motor trailnya sejauh 760 km dalam waktu 3 hari. Mereka melintasi jalur darat dari Nabire-Teluk Wondama-Manokwari Selatan dan Manokwari. Perjalanan komunitas motor ini dipimpin oleh Melianus Aiwui yang juga merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Waropen.

Melianus menyatakan, meskipun sudah terbuka, jalan tembus Papua-Papua Barat masih cukup banyak tantangan. Pada ruas Nabire (Papua)-Teluk Wondama (Papua Barat) terdapat 30 sungai yang harus dilalui. "Motor dan mobil pembawa logistik harus berenang menyeberang sungai. Perjalanan kami cukup menantang," kata Melianus.

Sementara pada ruas Wondama-Manokwari Selatan, kata Melianus, tidak banyak sungai dilalui, tetapi rombongan harus mendaki perjalanan terjal di daerah pegunungan dan perbukitan. "Kalau Manokwari Selatan ke Manokwari jalannya semua sudah aspal. Sebetulnya mau mengambil jalur yang melalui Pegunungan Arfak tapi kami sudah kelelahan pada perjalanan sebelumnya,’’ ujar Melianus.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan saat menyambut rombongan mengaku kagum terhadap aksi komunitas tersebut. Dominggus mengatakan, kegiatan yang dilakukan komunitas motor trail tersebut bisa dimanfaatkan sebagai media promosi daerah. “Mereka ini tamu istimewa, pencinta alam, pencinta lingkungan dari Waropen,’’ kata Dominggus. (*)

 

Sumber: Antaranews.com
Editor: Baskoro Dien

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post