Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Komunitas Gojek Gelar Upacara Bendera dan Lomba Agustusan di Museum

Komunitas Gojek Indonesia menggelar upacara bendera di Museum Balaputra Dewa, Palembang, Jumat (17/8/2018). (Foto: Kemdikbud.go.id)

Sekitar 2.000 orang dari komunitas ojek daring mengikuti upacara bendera di Museum Negeri Sumatera Selatan atau lebih dikenal dengan Museum Balaputra Dewa, pada 17 Agustus 2018.

PALEMBANG-KABARE.ID: Komunitas Gojek Indonesia di Kota Palembang menggelar upacara bendera dan lomba 17 Agustus di Museum Balaputra Dewa, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

"Kita memilih museum, salah satu alasannya adalah ini karena lokasinya di tengah kota, sekaligus menghargai museum dan sejarah Indonesia,” ujar Manajer Operasional Gojek Indonesia Cabang Palembang, Petrus Carel Prihandoko seperti dikutip laman Kemdikbud.go.id, Jumat (17/8/2018).

Mungkin museum selama ini masih sedikit dikenal oleh kawan-kawan mitra Gojek, jadi kita coba kenalkan dengan mitra gojek yang jumlahnya ribuan supaya juga bisa menghargai kebudayaan Indonesia, kata Petrus yang menjadi Pembina Upacara 17 Agustus 2018 di Museum Balaputra Dewa.

Upacara bendera di Museum Balaputra Dewa (Museum Negeri Sumatera Selatan) diikuti sekitar 2.000 anggota komunitas Gojek Indonesia. Petugas upacara berasal dari anggota komunitas tersebut.

Salah satu pengibar bendera, Dwi Agustini mengatakan sangat senang bisa menjadi petugas upacara di Museum Balaputra Dewa. Ia bersama teman-temannya sudah berlatih dan menyiapkan diri menjadi petugas sejak satu bulan lalu.

"Waktu seminggu sebelum 17 Agustus, kami latihannya setiap hari di sini (museum)," tuturnya. Ia mengaku sudah beberapa kali berkunjung ke Museum Balaputra Dewa saat masih bersekolah.

Selain menggelar upacara bendera, ada juga lomba-lomba khas 17 Agustus, seperti lomba makan kerupuk, lomba bermain bola dengan mengenakan sarung, dan lomba menyanyi.

Pendekatan Baru

Kepala Unit Pelaksana Teknis Museum Negeri Sumatera Selatan, Chandra Amprayadi mengatakan, upacara bendera dan lomba 17 Agustus di museum merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Cara ini menjadi bentuk baru dalam sosialisasi dan melakukan pendekatan untuk lebih mengenalkan museum kepada masyarakat luas.

"Selain menikmati fasilitas museum, mereka juga bisa melihat ruang pamer, rumah limas, koleksi museum, sehingga bisa mensosialisasikan ke masyarakat,” ujar Chandra.

Kegiatan ini difasilitasi pihak museum sebagai bentuk sosialisasi museum kepada masyarakat luas. Selain itu kegiatan ini juga digelar sebagai bentuk dukungan dalam menyemarakkan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Kota Palembang.

“Karena komunitas kan bersentuhan langsung juga dengan masyarakat. Mereka bisa bercerita kalau museum itu tempat yang asyik," kata Chandra. (bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post