Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Komitmen Indonesia Jaga Perdamaian Dunia

Presiden ketika berbicara di National Assembly of Pakistan. (Foto: Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo mengatakan, seperti halnya Pakistan, Indonesia juga merupakan salah satu penyumbang terbesar Pasukan Perdamaian Dunia.

PAKISTAN-KABARE.ID: Presiden Joko Widodo mengatakan, ekonomi suatu negara dapat tumbuh apabila terdapat stabilitas politik dan keamanan.

“Konflik dan perang tidak akan menguntungkan siapapun. Masyarakat terutama wanita dan anak-anak selalu menjadi pihak yang paling dirugikan dengan adanya konflik dan perang,” kata Presiden ketika berbicara di National Assembly of Pakistan pada Jumat, (26/1/2018) malam.

Presiden menyampaikan, merupakan kehormatan bagi dirinya untuk dapat berbicara di depan Sidang yang mulia Joint Session of the Parliament yang pada lima puluh tahun silam, tepatnya 26 Juni tahun 1963, Presiden Soekarno berbicara untuk menggelorakan semangat melawan kolonialisme dan menggelorakan semangat kerja sama negara-negara yang baru merdeka.

”Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menggelorakan kerja sama kerja sama untuk perdamaian dan kesejahteraan dunia,” ujar Presiden Jokowi. 

Presiden menambahkan, persahabatan Indonesia dan Pakistan bukan persahabatan yang baru terjadi kemarin. Indonesia tidak akan lupa dukungan rakyat Pakistan terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.

”Sebagai wujud penghargaan, pada 17 Agustus 1995, bertepatan dengan perayaan 50 Tahun Kemerdekaan Indonesia Republik Indonesia menganugerahkan Bintang Kelas 1 Adipurna kepada Bapak Bangsa Pakistan, Muhammad Ali Jinnah atas jasa-jasa Almarhum mendukung kemerdekaan Indonesia,” ujar Presiden.

Selain persahabatan banyak kesamaan diantara dua negara. Indonesia dan Pakistan adalah dua negara berpenduduk Muslim yang besar. 

“Kita sama-sama menjadi negara anggota D-8, sesama negara OKI, sesama negara Non-Blok, kita sama-sama inisiator Konperensi Asia Afrika dan yang tidak kalah penting, kita sama-sama negara demokrasi,” kata Presiden. 

Indonesia dan Pakistan  juga merupakan dua negara yang terus konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. 

“Melalui Forum ini, saya kembali menyerukan agar kita terus memberikan dukungan bagi Saudara-saudara kita di Palestina. Mari kita terus dukung perjuangan Palestina!” ucapnya.

Presiden Jokowi mengikuti upacara peletakan karangan bunga di Monument Wall of Unsung Heroes Pakistan. (Foto Sekretariat Presiden)



Sebelumnya, saat tiba di National Assembly of Pakistan, Presiden Jokowi terlebih dahulu mengikuti upacara peletakan karangan bunga di Monument Wall of Unsung Heroes. Presiden disambut Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi, Ketua Senat dan Ketua Parlemen Pakistan. 


Sumber: Sekretariat Presiden

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post