Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Kolaborasi 5 Negara Buka Bangka Culture Wave 2019

Tari Tukik Nusantara diadopsi dari penyu hijau yang menjadi salah satu kekayaan Bangka. (Foto: Kemenpar RI)

Kolaborasi budaya dari lima negara membuka rangkaian kegiatan Bangka Cultural Wave (BCW) 2019, di De Locomotief, Pantai Wisata Tongaci, Sungailiat, Bangka, Selasa (2/4/2019).

SUNGAILIAT-KABARE.ID: Kelima negara tersebut adalah Spanyol, Hongaria, Slovakia, Meksiko dan Indonesia. Melalui kolaborasi itu lahirlah tarian baru bernama Tari Tukik Nusantara dengan aransemen musik perkusi Melayu.

Tari Tukik Nusantara diadopsi dari penyu hijau yang menjadi salah satu kekayaan Bangka. Tarian ini dibawakan oleh 6 penari, terdiri dari 5 penari putri dan 1 penari putra.

Staf Khusus Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan bahwa BCW 2019 beserta kontennya sangat menginspirasi.

Pelepasan penyu ke laut lepas. (Foto: Kemenpar RI)

 

“Semua tetap diingatkan untuk menjaga lingkungan sembari bergembira. Dengan warna ini, alam di Bangka akan terus lestari. Dari situ akan mendatangkan banyak manfaat, khususnya pariwisata,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (3/4/2019).

Selain Tari Tukik Nusantara ada juga Tari Glow in The Dark Body Painting Art Show, Tari Shadow Puppet, dan Mandala Stone.

Menambahkan warna persahabatan, opening BCW 2019 juga menampilkan fashion show tenun Cual dengan motif Lebah Pelawan dan Ketuyut. Rangkaian acara kemudian ditutup dengan pelepasan penyu ke laut lepas dari bibir pantai. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post