Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

KKP Beri Bantuan 1.000 Paket Sembako Bagi Nelayan di Mamuju

Foto: Infopublik.id

Pemerintah terus berupaya untuk menjaga nelayan agar dapat tetap berusaha dan sub sektor perikanan tangkap sebagai salah satu garda terdepan ketahanan pangan tetap bergulir dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

MAMUJU - KABARE.ID: Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap bersama Komisi IV DPR RI memberikan 1.000 paket sembako untuk nelayan di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (8/6/2020). Kolaborasi antara KKP dan DPR ini merupakan kali kedua setelah digelar di Serang, Banten pada bulan Mei lalu.

Paket sembako ini berupa beras, susu, minyak kelapa, gula, mie instan, ikan kaleng dan masker. Secara simbolis bantuan ini diserahkan ke nelayan Kelurahan Sinyonyoi dan Kelurahan Bebangga oleh anggota Komisi IV DPR RI Suhardi Duka, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari Mansur, dan Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat.

Mewakili Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, dalam sambutannya Mansur mengatakan kegiatan bakti nelayan merupakan bentuk perhatian pemerintah yang melibatkan Komisi IV DPR RI untuk membantu para nelayan terdampak Covid-19 di Kabupaten Mamuju. Pandemi Covid-19 selama kurang lebih tiga bulan ini telah memberikan dampak yang sangat luas. Dari yang awalnya hanya soal penyakit, saat ini sudah mengarah ke aspek ekonomi dan sosial masyarakat.

"Untuk itu, tak hanya bantuan saja yang kita serahkan dalam kegiatan ini. Melainkan juga sosialisasi pengelolaan dan operasional perikanan tangkap dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19," terangnya, Senin (8/6/2020).

Pemerintah terus berupaya untuk menjaga nelayan agar dapat tetap berusaha dan sub sektor perikanan tangkap sebagai salah satu garda terdepan ketahanan pangan tetap bergulir dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Kita selalu mengingatkan agar para nelayan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rutin mengecek suhu tubuh, menerapkan jarak aman dan membiasakan cuci tangan dengan sabun antiseptik," jelas Mansur.

Mansur mengimbuhkan agar para nelayan juga menjaga kesehatan dengan asupan nutrisi sehari-hari serta suplemen apabila diperlukan. Apabila merasa kurang sehat dapat melakukan pengecekan ke aparat setempat.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI Suhardi Duka dalam sambutannya menyampaikan akan terus meningkatkan kolaborasi dengan KKP untuk membantu para nelayan. "Tidak hanya memberikan sembako kepada nelayan terdampak Covid-19 namun juga akan mendorong pemerintah memberikan fasilitasi dan berbagai kemudahan lain seperti perizinan dan permodalan nelayan agar para nelayan terus dapat melaut menangkap ikan," tuturnya. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post