Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Kisah Kelam “Gerbong Maut” di Museum Brawijaya

Foto: Pesona travel

Gerbong berwarna hitam, abu-abu, dan putih ini menyimpan kisah tragis. Dimana 46 pejuang kemerdekaan meninggal di sini.

JAKARTA – KABARE.ID: Salah satu tempat wisata menarik yang ada di Kota Malang adalah Museum Brawijaya. Di sana tersimpan berbagai koleksi yang dapat membawa kita kembali ke masa penjajahan.

Salah satu saksi sejarah itu adalah Gerbong Maut yang diletakkan di halaman belakang museum. Julukan ini disematkan karena menyimpan kisah tragis para pejuang kemerdekaan.

Gerbong dengan seri GR10152 ini dulunya dipakai oleh penjajah Belanda untuk membawa pejuang Indonesia yang melakukan perlawanan. Para pejuang ini dibawa dari Penjara Bondowoso yang ada di Kabupaten Bondowoso ke Penjara Bubutan yang ada di Surabaya.

Kereta berangkat pada 23 November 1947 pukul lima pagi dari Stasiun Bondowoso dan sampai di Stasiun Wonokromo, Surabaya, sekitar pukul delapan malam. Perjalanan selama 16 jam tersebut ternyata mengantar para tawanan kepada maut.

Bayangkan saja, gerbong ini terbuat dari baja yang rapat, tanpa ada ventilasi satupun. Ketika pintu ditutup dan dikunci, alhasil tidak ada udara yang masuk ataupun keluar. Gerbong pun berubah menjadi oven.

Saking panas dan pengapnya, kulit orang-orang yang ada di dalamnya saling menempel dan terkelupas. Sepanjang perjalanan mereka minta air, makan, dan udara. Namun, orang-orang Belanda yang bertugas tidak memberikannya. Akhirnya, dari 100 orang yang dibawa, 46 di antaranya meninggal, 11 orang sakit payah, 31 sakit, dan hanya 12 orang yang sehat.

Selain gerbong ini, ada dua gerbong lainnya yang turut dalam perjalanan tersebut. Para tawanan di gerbong pertama selamat semua karena di situ ada lubang angin sebesar paku sehingga yang di dalam bisa bergantian menghirup udara. Replika dua gerbong lainnya ada di Surabaya dan Bondowoso. Gerbong yang asli hanya ada di Museum Brawijaya. (*)

 

Sumber: Pesona.travel

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post