Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Khasiat Teh Hijau yang Bisa Bantu Atasi Jerawat

Ilustrasi: Istimewa

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk untuk kulit. Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat membantu mengatasi jerawat ringan hingga sedang.

KABARE.ID - Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk untuk kulit. Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat membantu mengatasi jerawat ringan hingga sedang.

Meski penelitian tentang kegunaan teh hijau untuk mengatasi jerawat masih terbatas, tapi jenis teh ini terbukti memberikan sejumlah manfaat. 

Berikut beberapa cara memanfaatkan teh hijau untuk mengatasi jerawat.

1. Madu dan teh hijau

Madu memiliki sifat antimikroba dan penyembuhan luka. Kombinasi dengan teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes dan membantu mengurangi jerawat.

Caranya rendam rendam kantung teh hijau dalam air panas selama sekitar tiga menit. Kemudian keluarkan dan biarkan hingga dingin.

Setelah itu, buka kantung dan ambil ekstrak daunnya. Lalu tambahkan madu ke daunnya.

Selanjutnya cuci wajah dengan bersih. Setelah kering, oleskan campuran madu dan teh hijau ke wajah, biarkan selama sekitar 20 menit.

Terakhir, bilas dengan air dingin dan keringkan. Lakukan kebiasaan ini 3-4 kali seminggu.

2. Cuka apel dan teh hijau

Cuka apel adalah pengobatan rumahan untuk berbagai masalah kulit karena dapat membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Selain itu, cuka apel dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit. Campuran cuka apel dan teh hijau dapat digunakan sebagai toner wajah.

Cara membuat ramuannya, seduh teh hijau sebanyak tiga per empat cangkir dan biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan ¼ cangkir cuka sari apel.

Selanjutnya tuangkan ke dalam toples kaca dan simpan di lemari es. Setelah itu, cuci wajah hingga bersih dan keringkan.

Lalu, basahi kapas dengan campuran cuka apel dan teh hijau yang telah didinginkan. Oleskan ke wajah, biarkan mengering. Ulangi dua kali sehari.

3. Lidah buaya dan teh hijau

Lidah buaya memiliki efek anti jerawat pada kulit. Kandungan mucopolysaccharides yang ada di dalamnya membantu menjaga kulit terhidrasi. Kandungan itu mengikat kelembapan pada kulit.

Selain itu, mucopolysaccharides juga menstimulasi fibroblas yang memproduksi kolagen dan elastin untuk menjaga kulit awet muda dan kencang.

Cara memanfaatkannya seduh dua kantong teh hijau dalam secangkir air mendidih. Biarkan larutan menjadi dingin.

Setelah itu, campurkan teh hijau dingin dan gel lidah buaya, tuangkan ke dalam toples kaca untuk disimpan di lemari es.

Cuci wajah hingga bersih dan kemudian basahi kapas dengan campuran. Lalu oleskan kapas ke wajah, biarkan mengering, dan akhiri dengan memakai pelembap.

4. Lemon dan teh hijau

Perasan lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat yang memiliki sifat astringent.

Manfaatnya dapat mengencangkan pori-pori kulit dan memiliki sifat pemutihan ringan.

Bersama dengan teh hijau, jus lemon dapat membantu menjaga kulit bebas dari jerawat.

Namun, kulit bisa menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Jadi jangan lupa pakai tabir surya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, seduh seperempat cangkir teh hijau dan biarkan dingin. Kemudian campurkan dengan perasan lemon, lalu simpan di lemari es.

Cuci wajah hingga bersih dan keringkan. Selanjutnya basahi kapas dengan campuran dan oleskan ke wajah. Biarkan hingga mengering dan akhiri dengan memakai pelembap.

5. Minyak Zaitun dan teh hijau

Minyak zaitun adalah salah satu pilihan terbaik untuk membersihkan minyak, sisa riasan, dan kotoran tanpa mengganggu keseimbangan alami kulit.

Kombinasi minyak zaitu dan teh hijau dapat membantu menenangkan jerawat serta mengurangi peradangan.

Caranya, seduh teh hijau dan biarkan dingin. Tuang teh hijau yang sudah dingin ke dalam botol semprot. Lalu pijat wajah dengan minyak zaitun dan biarkan selama beberapa menit.

Kemudian bersihkan wajah dengan handuk yang telah dibasahi air hangat. Lantas cuci wajah dengan pembersih wajah dan tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk.

Terakhir, semprotkan teh hijau ke wajah hingga mengering. Lakukan kebiasaan ini setiap hari.

Perlu diingat, meskipun bermanfaat untuk kesehatan dan mengurangi jerawat, teh hijau tidak bisa dijadikan satu-satunya pengobatan.

Terutama jika jerawat yang timbul adalah jerawat kistik atau hormonal. Pengobatan rumahan dengan teh hijau mungkin tidak berhasil.

Tetap berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan resep dan metode pengobatan yang tepat. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post