Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Khasiat Buah Tomat untuk Kecantikan Kulit

Ilustrasi: buah tomat. (Pixabay)

Tomat dapat melawan kerusakan sel, mempertahankan kelembaban, dan mencegah garis halus dan kerutan. Sifat tomat ini membuat sayuran ini menjadi buah yang hebat untuk anti-penuaan.

JAKARTA-KABARE.ID: Taukah Anda kalau tomat tergolong dalam superfood? Tumbuhan yang sering disebut buah ini, kaya akan beta-karoten, vitamin C dan lycopene. Selain sehat, tomat sudah dipastikan bisa membuat kulit menjadi bercahaya.

Jika memiliki pori-pori terbuka pada kulit, Anda dapat meminum jus tomat atau mengaplikasikannya secara topikal.

Dilansir dari NDTV, Selasa (27/11), jus tomat bisa berfungsi sebagai astringen jika dioleskan langsung pada kulit.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama campur satu sendok teh jus tomat dengan empat hingga lima tetes jus lemon, lalu terapkan pada wajah. Bilas dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka.

Menggosok irisan tomat di area yang terkena komedo juga dapat membantu menyingkirkan masalah pada kulit muka. Kehadiran vitamin C dalam tomat akan membantu menjaga kulit tetap bersih.

Menurut berbagai penelitian, tomat juga bekerja sebagai tabir surya alami berkat kehadiran antioksidan lycopene yang melindungi kulit dari efek jahat sinar ultra-violet (UV). Selain itu, makan tomat juga dapat membantu mengurangi jumlah radikal bebas yang merusak sel dalam tubuh.

Keasaman dalam tomat juga membantu mengurangi dan membersihkan jerawat. Vitamin A dan C yang ditemukan dalam buah ini dikenal sebagai antioksidan umum yang melawan peradangan yang menyebabkan jerawat.

Makan satu hingga dua tomat setiap hari atau mengaplikasikannya secara topikal dapat membuat kulit menjadi sehat dan bercahaya. Pastikan Anda mencucinya dengan seksama sebelum mengkonsumsinya, ya. (JPC/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post