Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

KH Sholeh Qosim Meninggal Dalam Kondisi Sujud

KH Sholeh Qosim (kanan) bersama mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. (Foto: Istimewa)

KH Sholeh Qosim yang dikenal sebagai sosok ulama pejuang kemerdekaan meninggal dunia pada 10 Mei 2018, sekitar pukul 18.30 WIB. Kiai Sholeh meninggal dalam kondisi sujud saat salat maghrib.

SIDOARJO-KABARE.ID: Pengasuh Pondok Pesantren Al Ismailiyah Bahauddin Ngelom, Sepanjang, Sidoarjo, KH Sholeh Qosim meninggal dalam kondisi sujud saat salat maghrib.

Kiai sepuh yang lahir pada tahun 1930 silam ini meninggal di usia 90 tahun, Kamis (10/5), sekitar pukul 18.30 WIB.

"Ditunggu hingga lama kok ndak bangun-bangun. Setelah dibangunkan ternyata wajahnya sudah pucat," ujar salah satu guru MTs Bahauddin yang juga menjahitkan kain kafan almarhum Kiai Sholeh, Jumat (11/5/2018), dikutip detik.com.

Bapak dari 8 anak dengan 28 cucu ini dikenal sebagai sosok ulama pejuang kemerdekaan. Kiai Sholeh pernah lasykar Sabilillah saat memperjuangkan Indonesia tahun 1943. Saat itu, ia mengawal ayahnya, Kiai Qosim yang juga tentara Sabilillah.

Dikutip dari media NU online, Kiai Sholeh turut berperang pada 10 November 1945 yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan. Sebelumnya, peristiwa itu didahului dengan fatwa yang dikeluarkan para kiai NU, yaitu Resolusi Jihad NU pada 22 Oktober yang kemudian ditetapkan menjadi Hari Santri.

Kiai Sholeh juga seringkali diundang pejabat dan petinggi kepolisian dalam berbagai acara, salah satunya di HUT ke-72 TNI di Cilegon, Banten tahun 2017. Saat itu Presiden Joko Widodo mencium tangan Kiai Sholeh dengan penuh hormat. (*)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post