Monday 8 May 2015 / 22:03
  • Hingga Selasa (31/3), 1.528 orang di Indonesia Positif Covid-19, 81 orang sembuh, dan 138 meninggal.
Wisata_Kuliner

Kemenpar Promosi Labuan Bajo di Area CFD

Kementerian Pariwisata mempromosikan Labuan Bajo di area Car Free Day, Jakarta. (Foto: Kemenpar)

Kekayaan budaya Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) ditampilkan di area bebas kendaraan bermotor (Car Free Day/CFD) Jakarta, Minggu (25/11/2018), kemarin.

JAKARTA-KABARE.ID: Berlokasi di Park and Ride Thamrin 10, Menteng, salah satu kekayaan budaya yang ditampilkan adalah atraksi tari caci. Tarian perang asal Kabupaten Manggarai ini memperlihatkan ketangkasan dua penari laki-laki yang saling “bertarung” menggunakan cambuk dan perisai.

Selain itu, ditampilkan juga rangkuk alu, ja’i, nenggo mbata dan juga spot photo corner yang menampilkan keindahan pantai serta komodo.

"Banyak hal yang menakjubkan jika anda berpetualang di NTT. Anda akan menemukan keindahan alam yang sungguh luar biasa, kekayaan budaya yang sangat beragam, keramahan masyarakatnya, biota laut yang indah serta hewan purba komodo," kata Shana Fatina, Person in Charge Pokja10 Destinasi Prioritas Kemenpar Labuan Bajo dalam keterangan resmi yang dikutip Kabare.id, Senin (26/11/2018).

Baca juga: Diplomasi Antarnegara Malalui Kuliner

Hal ini diamini juga oleh aktor sekaligus mantan pebasket nasional Denny Sumargo. Ia mengaku begitu terpikat Labuan Bajo, tidak hanya lanskapnya, tetapi juga bawah lautnya yang mengagumkan.

"Keren, pokoknya harus kesana. Bukan cuma Komodo saja yang keren, landskapnya luar biasa, bawah lautnya apalagi. Kalo pemerintah membuat regulasi tentang carrying capacity, saya rasa itu bagus sekali,” ujar Denny.

Menurut Denny, pembatasan kapasitas pengunjung bisa menjaga ekosistem di sana. “Contoh bila banyak diver yang menyelam di Manta point, bisa jadi ikan pari yang ingin kita lihat malah merasa terganggu, bahkan bisa menyerang kita,” ujar Denny.

Baca juga: Menikmati Kuliner Ikan Gratis di Peringatan Harkannas 2018

Pesona Labuan Bajo yang mendunia telah menghipnotis selebriti internasional. Sebut saja Aktris Gwyneth Paltrow, juara Moto GP 2010 Jorge Lorenzo, bintang Manchester United Chris Smalling, hingga pesepak bola dunia Marcos Llorente dan Arjen Robben pernah menginjakkan kaki di sana.

Soal atraksi wisata bahari, CNN International travel telah menempatkan Labuan Bajo sebagai peringkat dua diving site terbaik dunia setelah Raja Ampat, mengalahkan Kepulauan Galapagos. Labuan Bajo juga merupakan satu dari 10 destinasi prioritas yang menjadi habitat komodo, satu-satunya “dinosaurus” yang masih hidup di muka bumi.

Saat ini Labuan Bajo semakin ramai dan hampir tidak ada low season di sana. Terlebih dengan adanya tiga maskapai penerbangan langsung dari Jakarta, yakni Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post