Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Kemenpar Gandeng Gojek dan Blibli.com untuk Pengembangan Pariwisata

Menpar Arief Yahya menyaksikan MoU kerja sama antara Kemenpar dan Gojek. (Foto: Kemenpar RI)

Dua perusahaan berbasis digital yakni Gojek dan Blibli.com menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

JAKARTA – KABARE.ID: Dua perusahaan itu sepakat menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang dilakukan di Jakarta, Rabu (11/09).

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek, Shinto Nugroho mengatakan, kerja sama dengan Kemenpar dimaksudkan untuk mempersiapkan infrastruktur lokal dalam menghadapi digitalisasi pariwisata.

"Salah satu tantangan dalam proses digitalisasi pariwisata adalah kesiapan sumber Daya Manusia (SDM) seperti penyedia jasa kuliner, pengelola destinasi wisata, penyedia pijat tradisional yang sulit bersaing di era digital ini,” kata Shinto.

“Gojek melihat peluang bagi sektor pariwisata untuk bergabung dengan ekosistem Gojek agar dapat memanfaatkan teknologi secara efektif sehingga tetap relevan dan kompetitif," sambungnya.

Sementara itu, Senior Vice President Product Category Blibli.com Lay Ridwan Gautama mengatakan, pihaknya tertarik bekerja sama dengan Kemenpar dalam hal promosi wisata di 10 destinasi prioritas dan 88 wisata strategis lainnya. Kedua pihak akan mengangkat sektor wisata dan ekonomi kreatif yang terkait ke UMKM.

Mengenai bentuk kerja sama, Blibli.com akan membuat page khusus yakni Microsite Wonderful Indonesia. Page ini akan menekankan pada highlight destinasi-destinasi wisata prioritas dari Kementerian Pariwisata serta pelaku usaha pariwisata yang menyediakan paket dan produk wisata.

"Kami sangat senang dapat berkontribusi bagi perkembangan pariwisata Indonesia serta mendukung perkembangan potensi ekonomi kreatif dari ekosistem ini. Para UMKM menjadi aset penting dalam memperkenalkan produk-produk lokal Indonesia bagi para wisatawa,” ujarnya. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post