Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Kemendikbud Dukung Beasiswa Abnon to Broadway

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud Hilmar Farid. (Foto: Kemendikbud)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) untuk meningkatkan kapasitas dan peran insan budaya dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

JAKARTA-KABARE.ID: Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud Hilmar Farid mengatakan, IANTA sebagai organisasi kepemudaan memiliki potensi dalam pelestarian budaya Indonesia, khususnya dalam meningkatkan kapasitas dan peran insan budaya.

Untuk pengembangan industri seni peran dan budaya, Kemendikbud memberikan dukungan melalui Beasiswa Unggulan dengan mengirimkan tujuh alumni Abang None Jakarta dalam program “Abnon to Broadway”, New York, Amerika Serikat.

“Kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan standar talenta para alumni Abang None Jakarta untuk menuju standar Internasional,” ujar Hilmar Farid, dalam jumpa pers program Abnon to Broadway, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Pada kesempatan ini Ketua IANTA, Ronni Ardhianto, menerangkan program “Abnon to Broadway” diusung oleh IANTA setelah melihat kesuksesan Teater Abnon dalam beberapa pementasan besar sejak berdiri hampir 10 tahun. Teater Abnon merupakan buah hasil kerja keras dari Maudy Koesnaedi yang juga merupakan pemenang None Jakarta tahun 1993.

“IANTA berkeinginan agar Teater Abnon bisa diisi oleh talenta-talenta yang memiliki standar internasional,” jelas Ronni.

Dalam mencapai tujuan itu IANTA bekerja sama dengan Students Live, instansi pendidikan di Broadway, New York yang memiliki fokus memberikan pelatihan intensif di bawah arahan spesialis Broadway yang terlatih.

Para peserta yang diberangkatkan ke New York telah melewati proses tahapan seleksi dengan melibatkan juri independen, yakni Reza Rahadian, Maudy Koesnaedi, Aimee Saras, dan Asosiasi Casting Indonesia.

Dari puluhan Abang None yang ikut seleksi, terpilih 7 peserta yang akan diberangkatkan dalam 2 tahap.

Tahap pertama diberangkatkan 4 peserta yaitu Sofura Maulida, Nabila Katyana, Audi Pratama, dan Rinaldy Zulkarnain, mengikuti pelatihan pada tanggal 3 – 14 Juli 2018 dan pemberangkatan tahap berikutnya menyesuaikan dengan ketersediaan jadwal Students Live Broadway.

Program “Abnon to Broadway” adalah program pelatihan intensif selama 10 hari di Broadway, New York. Pada kesempatan ini para peserta mendapatkan pengalaman dilatih secara langsung oleh para aktris, aktor, dan spesialis Broadway.

Program ini juga memfokuskan pada pengembangan kepercayaan diri, kepribadian, dan kepemimpinan para peserta dengan menggunakan teater Broadway sebagai media.

Selain workshop, berbagai kegiatan dirancang untuk menambah wawasan seni teater selama mereka berada di New York, seperti melakukan studi langsung di belakang panggung Broadway dan penghayatan seni di taman publik Central Park, dan Chinatown.

Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk menonton langsung pertunjukkan Broadway, Phantom of The Opera, School of Rocks, Kinky Boots, Wicked, dan Frozen.

Usai kembali dari Amerika, peserta “Abnon to Broadway akan membagikan ilmu dengan mengadakan pelatihan seni peran kepada masyarakat.

Selain itu, peserta “Abnon to Broadway” juga akan berpartisipasi dalam pertunjukan dalam rangka pementasan besar 10 Tahun Teater Abnon pada tahun 2019. (rls/bas)
 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post