Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Kemendikbud Bakal Ubah Nomor Induk Siswa dengan Nomor Induk Kependudukan

Mendikbud Muhadjir Effendy dan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh, di Kantor Kemendikbud, Senin (21/1/2019). (foto: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

Dengan begitu, pemerintah dapat membangun ekosistem pendidikan dengan berbasis data kependudukan, sekaligus membuat basis data atau profil lengkap anak usia sekolah sebagai generasi penerus bangsa.

JAKARTA-KABARE.ID: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana untuk mengganti Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada masa pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun 2019.

Integrasi data ini akan melibatkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), khususnya Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil).

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan, integrasi data tersebut akan memberikan perubahan dalam tata kelola pemerintahan, karena semua anak sekolah dari jenjang PAUD hingga pendidikan menengah akan terdata oleh pemerintah.

“Termasuk prestasinya. Dia (siswa) memiliki bakat apa, akan termonitor semuanya. Ini akan melahirkan profiling penduduk Indonesia, akan melahirkan big data,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (23/1/2019).

Baca juga: Siswa Indonesia Akan Dibekali Pendidikan Mitigasi Bencana

Menurut Zudan, ide Mendikbud ini akan berdampak pada penyediaan sumber daya manusia (SDM) yang bagus untuk Indonesia di masa depan. “Misalnya, kita akan mencari anak-anak yang berbakat sepak bola. Kan ada O2SN, Porseni, atau GSI (Gala Siswa Indonesia). Itu nanti akan dimunculkan (dalam data NIK),” ujarnya.  

Dari data itu, para pencari bakat bisa mengetahui siapa yang pandai bermain sepak bola, menyanyi, atau pintar di bidang MTQ. Dengan begitu, Indonesia akan memiliki peta bakat secara nasional, sehingga SDM apapun yang dibutuhkan negara dari generasi penerusnya akan tersedia dari anak-anak sampai mahasiswa. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post