Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Kemendag Minta Pasar Tradisional Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

Foto: Infopublik.id

Kementerian Perdagangan mengimbau para pedagang di pasar tradisional tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona.

JAKARTA - KABARE.ID: Kementerian Perdagangan mengimbau kepada para pedagang di pasar tradisional untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag), Suhanto, menyampaikan pihaknya terus mengingatkan protokol kesehatan agar diterapkan dengan baik di pasar tradisional. Sebab, pasar tradisional berpotensi menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Suhanto usai meninjau harga bahan pokok bersama Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Veri Anggrijono, dan Kepala Satgas Pangan Polri Daniel Silitonga di Pasar Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (9/7/2020).

“Protokol kesehatan diterapkan sangat baik di sini. Para pedagang menggunakan masker dan face shield, pengunjung juga dicek suhunya dan diminta untuk mencuci tangan sebelum masuk," kata Suhanto melalui keterangan tertulisnya.

Protokol kesehatan di Pasar Cijantung bisa menjadi contoh yang baik agar produktivitas perdagangan berjalan dengan aman dari wabah. Jumlah pengunjung juga dihitung dan dibatasi maksimal sampai 50 persen.

"Dengan diterapkan protokol kesehatan, diharapkan masyarakat tidak ragu berbelanja di pasar rakyat. Ini penting mengingat pada kondisi pandemi Covid-19 ini, omzet pedagang menurun karena banyak warga masih takut ke pasar. Dengan berbelanja di pasar rakyat, maka pendapatan pedagang akan kembali normal dan mendorong ekonomi bergerak positif," paparnya. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post