Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Kemdikbud Imbau Lembaga PAUD Bikin Gerakan Makan Ikan

Ilustrasi: Makanan berbahan dasar ikan. (Istimewa)

Gerakan Makan Ikan di lembaga PAUD diselenggarakan untuk mencegah stunting pada anak-anak usia dini, sehingga anak-anak Indonesia memiliki gizi yang baik dan menjadi anak yang cerdas.

JAKARTA – KABARE.ID: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau kepada seluruh lembaga PAUD untuk menggelar Gerakan Makan Ikan bagi peserta didiknya, minimal satu kali dalam satu minggu.

“Jadi kita mendorong anak-anak (PAUD) makan ikan. Indonesia ini negara yang kaya ikan, tapi di Asia, tingkat konsumsi ikan kita termasuk rendah. Padahal ikan diketahui punya potensi yang besar untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak,” kata Netti Herawati selaku Ketua Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Seluruh Indonesia (HIMPAUDI SI), di PAUD KM 0 Kemendikbud, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD” dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas), Harris Iskandar.

Kegiatan tersebut diisi dengan membacakan buku cerita bertema ikan, yang dibacakan oleh Dirjen Harris Iskandar untuk peserta didik PAUD KM 0 Kemendikbud. Setelah itu anak-anak diajak untuk sarapan bersama dengan menu ikan dan sayur.

Netti Herawati mengatakan, Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD” diselenggarakan untuk mencegah stunting pada anak-anak usia dini, sehingga anak-anak Indonesia memiliki gizi yang baik dan menjadi anak yang cerdas. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh, terutama disebabkan karena kekurangan gizi kronis yang terjadi di usia balita.

HIMPAUDI SI sebagai organisasi profesi yang berkoordinasi dengan Kemendikbud, menggerakkan lembaga PAUD di 34 provinsi untuk menyelenggarakan Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD”.

“Kita minta tokoh-tokoh masuk ke lembaga PAUD, misalnya Bunda PAUD Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Kegiatan tidak boleh seremonial dan mengganggu kegiatan di lembaga PAUD. Jadi ada kegiatan membacakan buku oleh pejabat atau tokoh, ada gerak lagu ikan, yaitu lagu Aku Anak Indonesia Suka Makan Ikan,” tutur Netti. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post