Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Kebun Raya Indrokilo Bakal Dilengkapi Patung Sosro Birowo Setinggi 17 meter

Salah satu spot yang menjadi lokasi favorit berfoto di Objek wisata Kebun Raya Indrokilo. (Instagram)

Objek wisata Kebun Raya Indrokilo di Kelurahan Kemiri Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali akan dihiasi dengan patung "Sosro Birowo" setinggi 17 meter dengan anggaran sekitar Rp7 miliar.

BOYOLALI-KABARE.ID: Bupati Boyolali Seno Samodro mengatakan, rencana pemasangan patung 'Sosro Birowo' di Kebun Raya (KR) Indrokilo agar kelihatan megah. Nantinya patung yang menggambarkan tokoh Mahesa Jenar itu akan ditempatkan di depan Gerbang Pasingsingan Kebun Raya Indrokilo.

"Tahap ini, anggaran khusus pembangunan patung akan menghabiskan sekitar Rp7 miliar," kata Seno Samodro di Boyolali, Selasa (20/2).

Seno menjelaskan, pembangunan kebun raya dengan luas lahan sekitar 8,9 hektare di Kemiri Kecamatan Boyolali tersebut diperkirakan akan menghabiskan dana total sekitar Rp60 miliar. Namun, pembangunan hingga tahun ini, sudah menghabiskan Rp40 miliar dan terus dilanjutkan hingga selesai.

"Kebun Raya di Boyolali yang bangun beberapa tahap ini, rencana diresmikan pada 2019," kata Seno Samodro.

Selain itu, kata dia pembangunan juga dilakukan pada akses jalan masuk menuju dan di kawasan lokasi kebun. Dana proyek jalan juga diperkirakan mencapai Rp7 miliar. 

Nantinya akan dibangun juga jembatan gantung khusus untuk pejalan kaki sebagai akses jalan menuju kebun raya. Pemkab Boyolali kepada masyarakat yang ingin menikmati Kebun Raya Indrokilo di Kemiri tersebut digratiskan atau tidak dipungut biaya masuk ke lokasi.

Meskipun Kebun Raya Indrokilo belum selesai pembangunannya, tetapi antusias masyarakat sudah luar biasa. Jumlah pengunjung ke kebun raya terutama pada akhir pekan mencapai lebih dari 500 orang. 

Pembangunan yang sudah diselesaikan hingga sekarang antara lain gerbang Pasisingan, gedung Tourism Information Center (TIC), gedung Ecological House yang menjadi kantor pengelola, taman labirin berbentuk gunung wayang, taman paku dan kandang rusa serta jalan paving block di komplek kebun raya.

Kebun Raya Indrokilo ini lebih mengedepankan sisi pelestarian tumbuhan, penyedia ruang terbuka hijau, wisata, sarana penelitian dan pendidikan. (*)


Sumber: Antara

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post