Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

KBRI Phom Penh Ajak Diaspora Indonesia di Kamboja Gowes Bersama

Foto: KBRI Phnom Penh

KBRI Phnom Penh bersama sejumlah diaspora Indonesia di Kamboja menggelar kegiatan bersepeda bersama dari Phnom Penh menuju Chrey Thom sejauh kurang lebih 75 Km.

KAMBOJA - KABARE.ID: KBRI Phnom Penh beserta sejumlah diaspora Indonesia di Kamboja menggelar kegiatan bersepeda bersama dari Phnom Penh menuju Chrey Thom sejauh kurang lebih 75 km (16/01/2021). Kegiatan ini diselenggarakan untuk mempererat persaudaraan antar para masyarakat Indonesia di Kamboja dan mensosialisasikan pelayanan kekonsuleran.

Kegiatan ini dilakukan secara hybrid yaitu di mana sebagian peserta bersepeda penuh dari Phnom Penh sejauh 75km dan sebagian memulai dari 35 km terakhir di mana titik akhirnya berada di Restoran Bersama yang dimiliki oleh Santo, salah satu WNI yang tinggal di Kamboja.

“Senang sekali kami dapat berjumpa dengan para saudara kita yang berada di Chrey Thom dan juga dapat suasana Indonesia di luar negeri," kata Duta Besar RI untuk Kamboja, Sudirman Haseng yang turut bersepeda dalam kegiatan tersebut.

“Kunjungan ini juga istimewa karena pertama kali dilakukan dengan gowes (bersepeda) bersama dari Phnom Penh," sambung Dubes Sudirman.

Selain sejumlah rumah makan yang menjual makanan khas Indonesia seperti masakan rames, mi ayam, serta bakso, di Chrey Thom juga terdapat banyak produk makanan olahan Indonesia seperti bumbu masak, kopi instan, mie instan, penyedap rasa, produk olahan daging, kecap, serta produk suplemen kesehatan yang beberapa di antaranya hanya dapat ditemukan di Chrey Thom.

Konsentrasi WNI yang cukup besar dan letak strategis Chrey Thom yang berbatasan langsung dengan Provinsi An Giang, Viet Nam membuat produk dari Indonesia mudah ditemukan. Tidak mengherankan jika kunjungan kali ini juga dimanfaatkan sebagian peserta gowes untuk berburu kuliner dan berbagai produk Indonesia.

Kegiatan kali ini juga dimanfaatkan juga untuk sosialisasi secara tidak langsung hal-hal terkait dengan administrasi kekonsuleran. Menurut Ketua Masyarakat Indonesia-Chrey Thom, Edwin, di Chrey Thom terdapat kurang lebih 2000 WNI yang mayoritas bekerja di sektor hiburan. (*)

 

Sumber: KBRI Phnom Penh

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post