Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

KBRI Kairo Gelar Pertunjukan Seni Budaya di Mesir

Budaya Indonesia hadir di Luxor, Kota pusat peradaban kuno Mesir. (Foto: Kemenlu RI)

KBRI Cairo menghelat pertunjukan seni-budaya Indonesia di salah satu kota wisata dan peradaban terbesar Mesir, Luxor, pada 19 Februari 2019.

MESIR-KABARE.ID: Kegiatan ini digelar untuk memperkenalkan kekayaan budaya bangsa Indonesia, promosi produk kerajinan dan perdagangan Indonesia serta pariwisata Indonesia. 

Bertajuk “Hari Indonesia-Mesir” kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama KBRI Cairo dengan Pemerintah Provinsi Luxor yang dilaksanakan di dua lokasi strategis Provinsi Luxor, yaitu: Perpustakaan Umum Luxor dan Luxor Conference Hall.

Acara dimeriahkan dengan pameran produk pertanian dan kerajinan tangan Indonesia-Mesir seperti kopi, produk rajutan, tas, asesoris rumah dan produk-produk lainnya berbahan kayu.

"Kopi Indonesia memang sangat khas, aromanya sangat lezat," komentar Mahmud salah seorang pengunjung yang menikmati kopi Indonesia di pameran yang berlokasi di Luxor Conference Hall tersebut.

Baca juga: Reog Ponorogo dan Tarian Papua Hipnotis Publik Australia

Acara ini juga dimeriahkan dengan malam pentas seni budaya Indonesia dan Mesir yang menampilkan berbagai tarian nusantara antara lain Tari Enggang, Tari Piring, Batin Kemuning, tari Ondel-ondel dan tari Dara Juanti.

Tarian-tarian tersebut ditampilkan oleh tim tari Pusat Kebudayaan Indonesia KBRI Cairo dan tim tari Sanggar Gayatari Nusantara yang didatangkan  langsung dari tanah air oleh Kementerian Pariwisata RI.

Tarian-tarian tradisional Indonesia berhasil membuat para pengunjung terkagum-kagum sambil memberikan tepukan yang meriah di setiap akhir tarian.

Adapun kesenian Mesir yang ditampilkan antara lain, tari Tongkat, tarian Rakyat Nubiyah, serta beberapa tarian dan nyanyian tradisional Mesir lainnya yang penuh dengan semangat nasionalisme.

Selain itu, Tim Indonesia juga menampilkan Fashion Show dari Klambiabite by Novi dan Parisanty by Dewi binaan dekranasda DKI Jakarta di bawah pimpinan Istri Gubernur DKI , Fery Farhati.

Baca juga: Teater Boneka Papermoon dari Yogyakarta Pentas di Pakistan

Sebelum acara pentas malam budaya kedua negara, Duta Besar Indonesia untuk Mesir diterima secara resmi oleh Gubernur Luxor, Mustasyar Mustafa Alham di kantornya.

Gubernur menyampaikan, pihaknya sangat berharap agar Luxor dapat bekerjasama dengan kota atau provinsi di Indonesia dalam berbagai bidang, antara lain dalam pertanian.

"Ekonomi Indonesia terus maju, dimana pertanian merupakan salah saru sektor yang sangat penting bagi Indonesia. Untuk itu, saya berharap agar kerja sama di bidang pertanian dapat dikembangkan antara kedua negara, terutama dengan Luxor," ujar Gubernur Mustafa, dalam keterangan Resmi Kemenlu RI, Kamis (21/2).

Baca juga: Festival Imlek Tanjung Pinang Ditutup dengan Semarak Budaya Nusantara

Sementara itu, Duta Besar RI, Helmy Fauzy, mengatakan bahwa Indonesia selalu membuka kedua tangan untuk bekerja sama dengan Mesir dalam bidang apaupun, termasuk pertanian.

“Kami telah melatih beberapa pemuda Mesir yang diundang khusus ke Indonesia untuk belajar mengolah eceng gondok agar menjadi barang-barang bernilai ekonomis terutama furniture" kata Dubes Helmy

Selain dihadiri pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, acara ini dihadiri pula oleh para pejabat provinsi Luxor, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Korfung Pensosbud dan Atase Perdagangan RI.​​​​ (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post