Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Karnaval Traktor Hias dalam Parade Ekonomi Pertanian

Petani mengikuti karnaval Traktor Hias dalam rangka Parade Ekonomi Pertanian di Kota Parakan, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (21/12). (Antara Foto/Anis Efizudin)

Temanggung, Jawa Tengah, memiliki cara unik untuk merayakan hasil panen yang berlimpah. Para Petani menggelar parade traktor yang diikuti 48 traktor milik gabungan kelompok tani. Setiap traktor mengangkut hasil bumi dan membawanya keliling kota kecamatan dengan menempuh jarak 4 kilometer.

Temanggung - Sejumlah warga berpakaian petani mengikuti karnaval Traktor Hias dalam rangka Parade Ekonomi Pertanian di Kota Parakan, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (21/12). Karnaval traktor yang diikuti 40 kelompok tani tersebut dalam rangka mengkampanyekan pentingnya pertanian, terutama kepada generasi muda.

Masing-masing kelompok tani menghias sedemikian rupa traktor miliknya sambil memamerkan produk pertanian atau hasil bumi masing-masing. Mereka menempuh jarak sekitar tiga kilometer, dengan 'start' dari halaman Pasar Ikan Dangkel Parakan dan finish di Kantor Balai Penyluhan Parakan Jalan Campursalam, Jatisuko, Parakan.

Panitia kegiatan Gebyar Ekonomi Petani, Agus Ramadan berharap melalui kegiatan ini masyarakat terus mengkampanyekan gerakan pertanian, mengingat 80% Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupatern Temanggung berasal dari pertanian.

"Melalui Kegiatan ini, paling tidak bisa menggiatkan gebyar ekonomi, menampilkan hasil pembangunann hasil pertanian dan memperkuat kerjasama antara penyuluh dan petani," tuturnya.

Agus menuturkan saat ini komoditas pangan yang digeluti petani Parakan adalah padi, kemudian untuk perkebunan tembakau. Selain itu, saat ini sedang digalakkan kopi karena prospeknya cukup bagus.

Editor: Baskoro

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post