Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Kapal Pesiar Datang Membawa Rezeki

Kapal pesiar MV Genting Dreams singgah di Lagoi Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu (2/2/2019). (Foto: Kemenpar RI).

Kapal pesiar datang membawa rezeki. Itulah yang dirasakan oleh masyarakat Bintan saat wilayahnya didatangi kapal pesiar MV Genting Dreams pada 2 Februari 2019. Sekitar 3.055 orang turis turun dari kapal pesiar yang singgah di Lagoi Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

BINTAN-KABARE.ID: Kehadiran kapal pesiar tersebut, membuat Pelabuhan Bandar Bentan Telani sibuk sejak pagi. Aktivitas seperti itu hampir setiap akhir pekan terlihat di Bintan.

Ketertarikan para wisatawan mancanagera (wisman) pelesiran ke Bintan dengan kapal pesiar dibenarkan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bintan, Wan Rudy Iskandar. Ia mengatakan ribuan turis itu datang rutin ke Lagoi setiap akhir pekan.

Mereka turun dari kapal, dan melaksanakan sejumlah kegiatan di dalam kawasan wisata Lagoi. Selain ramai didatangi wisman, wisatawan nusantara (wisnus), juga rutin datang ke Lagoi melalui jalur laut (via Batam dan Tanjungpinang) dan udara (via Tanjungpinang). Ada juga, wisatawan domestik yang umumnya datang dari Batam, selain Tanjungpinang ke Lagoi dan Trikora.

Begitu ramainya kunjungan ini, sejumlah hotel di kawasan Trikora pun full book hingga akhir tahun 2019. Hal ini tentunya berdampak positif khususnya ke kas pendapatan asli daerah (PAD) Bintan dan dampak ekonomi langsung ke masyarakat.

Rudy meyakini, jika Bandara Busung yang sekarang sudah tahap pengerasan landasan pacu selesai dibangun, jumlah kunjungan wisman ke Bintan akan semakin bertambah

Berdasarkan zona, ada dua paket destinasi yang disiapkan bagi penumpang kapal pesiar dalam area Bintan Resorts. Kawasan dalam, destinasinya terdiri dari Lagoi bay, safari Lagoi, mangrove, bbt, hingga treasure bay Bintan. Sementara kawasan luar terdiri dari Tanjung Uban, Gunung Bintan, Trikora, Tanjungpinang, Senggarang, hingga Penyengat.

Selain itu, ada juga destinasi potensial lainnya seperti coral Kepri, ysng berkonsep resorts. Kawasan ini memiliki ombak tenang sehingga ideal untuk berbagai permainan air, seperti speedboat hingga amphibi. Ada juga restoran dengan akuarium bawah airnya. Fasilitas di pulaunya juga dilengkapi dengan kebun binatang mini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, wisata bahari Indonesia akan terus dimantapkan. Infrastruktur terus dibangun dan regulasi pun ikut disederhanakan. Khusus kapal pesiar dan yacht, sistem satu pintu atau pendaftaran daring menjadi kunci dalam peningkatan layanan.

“Izin kapal pesiar yang ingin melakukan kunjungan ke wilayah Indonesia saat ini kian mudah, termasuk singgah untuk berwisata. Perusahaan kapal pesiar cukup dengan mengisi formulir secara online,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya berharap, cruise dan yacht semakin banyak yang mampir ke perairan Indonesia. Agar mereka bisa menikmati baris pantai kedua terpanjang di dunia, terumbu karang terbaik di dunia dan diving serta snorkeling site terbaik dunia. "Dan tentu saja membelanjakan uangnya ke Indonesia," pungkas Menpar Arief Yahya. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post