Monday 8 May 2015 / 22:03
  • Hingga Jumat (3/4), 1.986 orang di Indonesia Positif Covid-19, 134 orang sembuh, dan 181 meninggal.
KABAR

Kabupaten Teluk Wondama Raih Predikat B dalam SAKIP Award 2019

Foto: gpriority.co.id/ Sof

Kabupaten Teluk Wondama mendapat B dalam SAKIP Award 2019 karena dinilai mampu mengelola anggaran dengan baik.

YOGYAKARTA – KABARE.ID: Bupati Kabupaten Teluk Wondama, Bernadus A Imburi mengaku bersyukur bahwa Kabupaten Teluk Wondama mendapat nilai B untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dalam SAKIP Award 2019.

“Puji Tuhan karena berkat rahmat dari Tuhan, Teluk Wondama mendapat nilai B Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2019. Ini merupakan hasil kerja keras dari kami semua. Untuk itulah saya selaku Bupati mengucapkan terima kasih,” ucap Bernadus A Imburi usai penyerahan SAKIP AWARD 2019 wilayah III di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

Imburi mengaku, dalam proses perjalanannya, ia selalu mengingatkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala Badan Keuangan sebagai bendahara daerah untuk terus memperhatikan efisiensi anggaran. Karena semua pekerjaan anggaran terpusat kepada mereka.

“Ini tentu membuat OPD berpikir bahwa kita membatasi mereka punya kegiatan. Tetapi demi efisiensi maka kami harus melakukan hal seperti itu. Dan hasilnya kami mampu meraih peringkat B SAKIP 2019,” jelas Imburi.

Kebijakan tersebut dikatakan Imburi bukan untuk memangkas anggaran Pemerintah Daerah. Namun lebih kepada efesiensi anggaran agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Kami akan melakukan seleksi terlebih dahulu, kiranya kegiatan tersebut bisa dirasakan juga oleh masyarakat, maka kami akan ijinkan,” tambah Imburi.

Contohnya adalah anggaran untuk pelayanan di puskesmas atau anggaran untuk kegiatan di sekolah, maka anggaran akan dipersilahkan karena mampu memberikan dampak kepada masyarakat. Imburi berharap semua yang dilakukan oleh pemerintah ini dapat dirasakan oleh masyarakat, apalagi ini merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat.

Sementara itu, Denny Simbar selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Teluk Wondama mengatakan bahwa selama dua tahun terakhir ini Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama terus melakukan langkah-langkah penghematan anggaran yang dituangkan dalam perencanaan berbasis indeks pembangunan manusia berbasis IT. “Makanya sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi mendapat dana alokasi yang sangat besar dan belanja rutin aparatur kantor itu dilakukan penghematan,” terang Denny.

Terkait dengan pariwisata yang menjadi sektor unggulan, Denny menjelaskan juga mendapatkan alokasi dana yang cukup besar karena menjadi sektor prioritas Pemkab Teluk Wondama. Untuk target SAKIP tahun depan, Denny mengatakan bahwa Teluk Wondama harus meraih peringkat BB. (*)

 

Sumber: gpriority.co.id

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post