Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Jubir Satgas Covid-19: Waspada Kluster Baru Pengungsian Saat Musim Hujan

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: Covid19.go.id)

Musim penghujan di berbagai daerah mulai berdatangan dan berisiko terhadap penularan virus Coronavirus Disease (Covid-19).

JAKARTA - KABARE.ID: Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan musim hujan dapat menyebabkan bencana banjir yang membuat warga harus mengungsi.

Pada masa pandemi ini, kebersihan lokasi pengungsian akan menjaga para pengungsi dari penyakit-penyakit lainnya yang bisa disebabkan oleh musim hujan, terutama penyebaran virus corona.

“Beberapa diantaranya demam berdarah dengue, lepra, tifus, diare dan penyakit kulit. Semua penyakit ini dapat menurunkan imunitas sehingga masyarakat menjadi rentan tertular Covid-19,” kata Wiku pada konferensi pers virtual pada Kamis (24/9/2020).

Jika tidak memungkinkan menjaga jarak, lanjut Wiku maka sebisa mungkin pemerintah setempat memastikan adanya sirkulasi udara yang baik, sinar matahari yang cukup dan memastikan kebersihan lokasi pengungsian.

Masyarakat yang terdampak banjir harus tinggal di lokasi pengungsian sehingga terjadi kerumunan di lokasi-lokasi tersebut. Lokasi pengungsian berpeluang menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

“Namun, kedisiplinan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan yang ketat dapat menekan penularan tersebut,” kata Wiku. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post