Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Joy Tobing Membudayakan Baca Lewat Dongeng

Ilustrasi: Sebuah buku yang terbang melayang dan mengeluarkan air. (Pixabay)

Dongeng adalah budaya bercerita yang menyenangkan untuk anak-anak. Melalui dongeng anak-anak dapat membiasakan mengenal buku juga menambah ilmu pengetahuan.

JAKARTA-KABARE.ID: Penyanyi Joy Tobing mengaku telah lama membudayakan dongeng pada anaknya sejak kecil. Ia menganggap bahwa dongeng sangat penting untuk dipertahankan agar anak-anak tidak hanya fokus pada gadget. Beragam cerita telah ia koleksi mulai dari cerita rakyat, cerita dongeng, hingga cerita keagamaan.

"Saya punya dua buku, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, bahasa Indonesia dongengnya seperti Malin Kundang, Bawang Merah Bawang Putih, dalam versi bahasa Inggris tadi kaya Cinderella, Beauty and The Beast," kata Joy Tobing, seperti diberitakan oleh Jawapos.com, Rabu (21/11/2018).

Joy menganggap walau buku yang ia punya kebanyakan cerita fiksi, tetapi setidaknya dapat membangkitkan semangat anak mau membaca. Ia pun berpendapat bahwa anak-anak boleh mengikuti zaman, akan tetapi kualitas membaca harus tetap dijaga agar anak terhindar dari pengaruh negatif gadget.

"Kalau mau anak baca dimulai dari ibunya dulu, tidak bisa nunggu dia dulu. Saya punya keponakan anak-anak bisa pintar karena ibunya membaca. Oleh karena itu saya punya metode kalau anak saya ujian, saya juga ikut belajar," tandas Joy. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post