Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat di Lombok

Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan RISHA di Lombok, Kamis (18/10/2018). (Foto: BPMI)

Menurut Jokowi, pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) merupakan karakteristik pembangunan rumah yang dibutuhkan masyarakat Lombok saat ini.

LOMBOK-KABARE.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) di Kecamatan Pototano, Kabupaten Sumbawa Barat, Kamis, 18 Oktober 2018. Peninjauan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke Provinsi Nusa Tenggara Barat,

RISHA merupakan salah satu teknologi pembangunan rumah tahan gempa yang ditawarkan pemerintah kepada masyarakat Lombok yang ingin kembali membangun rumahnya setelah ambruk diguncang gempa. RISHA didesain untuk mampu menahan guncangan gempa besar dan mampu dibangun dengan cepat.

"Ini salah satu rumah yang telah dibangun (struktur konstruksi). Tadi saya tanya ke pemilik baru empat hari dibangun. Artinya memang cepat sekali," ujar Jokowi saat melakukan peninjauan di lokasi pembangunan RISHA.

Kendali lebih cepat dan tahan gempa, pemerintah tetap memberikan pilihan kepada masyarakat Lombok yang ingin kembali membangun tempat tinggalnya. Apakah menggunakan RISHA atau membangun rumah konvensional dengan kayu atau bahan-bahan lainnya.

Namun Jokowi mengingatkan, pilihan apapun yang nantinya diambil, agar tetap membangun dengan konstruksi yang tahan goncangan gempa. "Tapi rakyat diberikan pilihan-pilihan. Silakan memilih yang RISHA, atau yang konvensional pakai kayu. Plilihan itu silakan rakyat yang menentukan," ujarnya. (bas)

Sumber BPMI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post