Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Jokowi: Pengembangan Seni Budaya Harus Dipadukan dengan Teknologi

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, Sabtu (22/9/2018). (Foto: BPMI)

Patung Garuda Wisnu Kencana layak disebut mahakarya karena merupakan salah satu patung tembaga terbesar di dunia dan patung tertinggi ke-3 di dunia.

BADUNG-KABARE.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, pengembangan seni budaya harus dipadukan dengan teknologi, riset, dan pengetahuan yang baru.

Seperti halnya pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali yang memiliki tinggi mencapai 121 meter, sekaligus menjadikan patung ini sebagai patung tertinggi ke-3 di dunia.

“Indonesia bukan hanya mewarisi karya-karya besar peradaban bangsa masa lalu yang indah seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Tapi di era kekinian bangsa kita juga bisa berkarya, bisa berkreasi untuk membangun sebuah peradaban, untuk melahirkan mahakarya yang baru, yang juga mengagumkan kita semua, yang juga diakui dan dikagumi dunia," kata Presiden Jokowi saat meresmikan patung GWK di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali, Sabtu (22/9/2018).

Pada saat proses pembuatannya, Patung  GWK telah menjalani serangkaian tes, antara lain tes ketahanan angin di Australia (Windtech) dan Kanada (RDWI), tes rongga secara berkala, dan soil test.

Konstruksi patung dibuat dengan material tembaga dan kuningan, ditopang 21.000 batang baja dengan berat total 2.000 ton dan jumlah baut sebanyak 170.000 buah.

"Dengan perpaduan itu, patung GWK ini akan mampu bertahan selama kurang lebih 100 tahun dan saya yakin 100 tahun lagi patung GWK akan tetap menjadi karya peradaban yang dibicarakan, yang menjadi kebanggan bangsa dan menjadi warisan kebudayaan bangsa Indonesia," kata Jokowi. (bas)

 

Sumber: BPMI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post