Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Jokowi Meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Papua

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama anak Papua dan Gubernur Papua Lukas Enembe di Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Jumat (16/11/2018). (Foto: BPMI)

Dalam monumen itu terdapat tujuh mimpi anak-anak bangsa yang diletakan dalam kapsul secara permanen. Salah satu mimpinya adalah pembangunan yang merata di seluruh Indonesia.

MERAUKE-KABARE.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Provinsi Papua, Jumat 16 November 2018.

“Nun di ujung timur Indonesia, tersimpan tujuh mimpi besar anak-anak Indonesia dalam kapsul-kapsul yang ditanam di Monumen Kapsul Waktu. Lokasinya di Merauke, Papua, tak jauh dari Bandara Mopah yang dapat dilihat saat pesawat mendarat,” ujar Jokowi.

Tujuh mimpi anak-anak muda Indonesia 2015-2085 itu dikumpulkan selama Ekspedisi Kapsul Waktu sejak 22 September 2015. Ekspedisi ini digelar di 43 kota di 34 provinsi sejauh 24.089 kilometer dari Sabang sampai Merauke.

Di setiap provinsi, anak-anak muda menuliskan keinginannya dalam 70 tahun ke depan. “Sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus kita. Apakah tujuh mimpi besar itu telah bisa kita wujudkan? Jadi, ini bukan semata-mata monumen biasa. Ini adalah monumen impian kita bersama,” ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo menyaksikan anak Papua memasukan kapsul mimpi di Monumen Kapsul Mimpi di Merauke, Jumat (16/11/2018). (Foto: BPMI)

 

Monumen Kapsul Waktu sendiri berupa bangunan tugu di atas lahan seluas 2,5 hektare dengan pintu yang mewakili suku asli Merauke yakni Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu, sebagai penjaga tugu. Di dalam monumen terdapat relief mengenai perjalanan RI, Pancasila, serta kebudayaan Papua. Sementara 1,5 hektare arealnya jadi alun-alun.

“Dari ketinggian, bentuknya seperti logo raksasa Avengers. Monumen ini memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avangers. Para Avengers bukan hanya punya mimpi besar, tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak, melindungi orang yang lemah,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap, selain menjadi ruang terbuka publik dan lokasi wisata bagi masyarakat Merauke, Monumen Kapsul Waktu bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi lokal. (bas)

Sumber: BPMI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post