Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Jokowi: Kita Tidak Mau Kalah Dengan Thailand

Presiden Joko Widodo dalam acara pelepasan ekspor produk Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Tanjung Priok, Rabu (5/9/2018). (Foto: BPMI)

Volume pencapaian ekspor Toyota Indonesia telah mencapai lebih dari satu juta unit sejak pengapalan perdana pada tahun 1987 silam.

JAKARTA-KABARE.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas ekspor produk otomotif yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta Utara, Rabu (5/9/2018).

Dalam acara tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa kurang lebih tiga tahun lalu dirinya bertemu langsung dengan Presiden Toyota, Akio Toyoda, di Jepang. Saat itu Toyoda menjanjikan bahwa Toyota akan meningkatkan investasinya di Indonesia. "Saya tanya berapa? Beliau menjawab dilihat saja," kata Jokowi.

Melalui laporan yang disampaikan pada acara tersebut, terungkap bahwa investasi yang dikucurkan Toyota dalam 2,5 tahun belakangan telah mencapai Rp22,7 triliun. Adapun untuk ekspornya, tahun ini Toyota Indonesia menargetkan dapat mengapalkan produk otomotifnya sebanyak 217 ribu unit.

"Ada dua hal yang penting untuk memperbaiki ekonomi kita. Yang pertama ekspor dan yang kedua investasi," kata Jokowi sambil berkelakar berniat untuk kembali bertemu dengan Akio Toyoda di Jepang dan mengundang Toyota untuk berinvestasi lebih banyak lagi di Indonesia.

"Saya nanti ke Jepang mau ketemu lagi Mr. Toyoda. Yang pertama mengucapkan terima kasih, yang kedua saya ingin tambah lagi. Kita tidak mau kalah dengan yang namanya Thailand. Tidak mau!" kata Jokowi.

Kepala Negara juga mengapresiasi Toyota Motor Indonesia yang produk-produk ekspor kendaraan utuhnya telah memiliki tingkat kandungan komponen dalam negeri yang tinggi, yakni berkisar di angka 75 hingga 94 persen. (bas)


Sumber BPMI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post