Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Jokowi Himbau Masyarakat di Lokasi Bencana Bangun Rumah Anti Gempa

Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Lombok. (Foto: Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo menghimbau bagi masyarakat yang tinggal di titik-titik bencana untuk membangun rumahnya menggunakan teknologi rumah tahan gempa.

LOMBOK-KABARE.ID: Indonesia berada pada lingkaran cincin api Pasifik dengan sejarah bencana yang tidak sedikit, dari gempa dan tsunami di Aceh, gempa di Padang, Yogyakarta, Lombok, hingga yang terakhir di Palu dan Donggala.

“Kondisi ini kita terima, tapi yang paling penting adalah tetap waspada dan menghindari dampak bencana. Seperti kata leluhur: kalau takut dilimbur pasang, jangan berumah di tepi pantai,” tulis Presiden Joko Widodo di akun instagram pribadinya, @jokowi, Jumat (19/10/2018).

Jokowi menjelaskan bahwa tata ruang dan tata kota di titik-titik yang berada pada cincin api itu harus ditaati. Jika sebuah lokasi sudah ditandai sebagai daerah rawan bencana, maka jangan memaksakan membangun di tempat tersebut.

“Kalau sudah di situ ya pindah. Kalau tidak bisa pindah, maka bangunannya harus tahan gempa. Bukan membangun rumah semaunya,” ujar Jokowi.

“Selain itu, penting melatih masyarakat agar tanggap terhadap bencana agar mereka tahu kalau gempa itu harus melakukan apa, larinya kemana, berlindungnya di mana, dan caranya seperti apa,” tandas Presiden. (bas)


 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post