Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Jokowi Buka Indonesia Science Expo 2018

Presiden Joko Widodo saat membuka Indonesia Science Expo 2018 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (1/11/2018). (Foto: BPMI)

Presiden Joko Widodo membuka Indonesia Science Expo (ISE) 2018 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (1/11/2018).

TANGERANG-KABARE.ID: Acara yang menampilkan hasil riset karya anak bangsa tersebut merupakan yang pertama kalinya dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kehadiran saya di sini saat ini adalah untuk menyaksikan karya-karya besar Bapak, Ibu, dan saudara-saudara sekalian yang mengubah ketidakmungkinan menjadi kenyataan, yang membuat kesulitan menjadi kemudahan," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Menurutnya, saat ini banyak ketidakmungkinan yang ternyata bisa dilakukan dalam kehidupan jika dipacu oleh perkembangan teknologi. "Siapa sangka negara yang wilayahnya sempit menjadi pengekspor pangan terbesar kedua di dunia, yaitu negara Belanda. Negaranya kecil tapi menjadi pengekspor pangan dunia," kata Jokowi.

"Yang ingin saya katakan adalah semua.. ketidakmungkinan bisa diterobos oleh yang namanya ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi," ujarnya.

Namun, perkembangan teknologi dalam praktiknya mendatangkan tantangan baru, yakni moralitas kemasyarakatan. Munculnya media tanpa redaksi membuat setiap warga bisa menjadi wartawan dan dapat memberitakan apapun terlepas benar atau tidaknya sebuah informasi.

"Yang dibutuhkan sekarang adalah standar moralitas yang semakin tinggi berbarengan dengan penggunaan teknologi itu," kata Presiden.

Menurut Jokowi, di sinilah lembaga penelitian dapat masuk untuk menempati peran sentral dalam kehidupan manusia, yakni dengan melahirkan karya-karya riset yang unggul, lembaga penelitian dapat menjawab setiap tantangan yang ada. (bas)

Sumber BPMI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post