Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Jamu Asal Indonesia Diekspor ke Arab Saudi

Ilustrasi: Istimewa

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) melakukan ekspor perdana jamu ke Arab Saudi. Ekspor tersebut diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

JAKARTA - KABARE.ID: Jamu produksi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) diekspor ke Arab Saudi. Ekspor tersebut dinilai peluang bagi para pelaku usaha jamu di Indonesia.

"Selalu ada peluang di tengah kesulitan. Salah satunya, peluang ekspor produk rempah-rempah Indonesia. Peluang inilah yang harus terus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dan peluang ini juga yang dapat meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia di masa pandemi Covid-19," kata Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, Selasa (11/8/2020).

Sementara itu, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Kasan menyebut, produk jamu Indonesia terus berkembang dan diakui dunia internasional. Ekspor jamu ini diharapkan menjadi pendorong bagi industri biofarmaka, makanan dan minuman untuk melakukan penetrasi ke pasar global.

Kasan menyebut, ekspor perdana ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama antara SIDO dengan mitra dari Arab Saudi, Mizanain. Kesepakatan itu dicapai pada perhelatan Trade Expo Indonesia pada Oktober 2019.

"Kami bangga dengan pencapaian ini. Kemendag turut memfasilitasi kegiatan ekspor ini, mulai dari penandatanganan kerja sama yang dilaksanakan di Trade Expo Indonesia 2019 hingga pelepasan kontainer perdana hari ini," ujar Kasan.

Berdasarkan data BPS, ekspor produk biofarmaka pada semester I-2020 mencapai 4,2 juta dolar AS, naik 32,8 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu 3,17 juta dolar AS. (*)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post