Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Ini Pantai Wandamui di Teluk Wondama, Pantai Eksotis yang Punya Air Terjun

Air Terjun Wandamui, Teluk Wondama. (Foto: Kabare.id/ Zack)

Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat punya banyak pantai cantik dengan hamparan pasir putih panjang dan pemandangan alam yang indah. Dari sekian pantai nan cantik itu, ada satu yang menawarkan sensasi berbeda.

WONDAMA-KABARE.ID:  Bagaimana tidak, pengunjung bisa merasakan segarnya mandi di pantai pasir putih yang masih alami sembari menikmati pesona air terjun yang hanya berjarak 30 meter dari bibir pantai. Pantai Wandamui demikian nama yang diberikan masyarakat lokal setempat untuk pantai unik itu. Nama yang sama juga disematkan untuk air terjun. Pantai dengan air terjun ini berada di wilayah kampung Sobei, Distrik Teluk Duairi, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Pantai Wandamui memang tidak terlalu luas karena terletak pada celah sempit di antara dua bukit. Namun demikian, pesona yang ditawarkan terbilang komplit. Pasir putihnya bersih dan halus. Air lautnya jernih kehijau-hijauan dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga sangat nyaman untuk berenang atau sekedar bermain di pasir.

Selain panorama pantai, pengunjungpun bisa menikmati pemandangan sekitar yang sangat memanjakan mata. Ada bukit batu dengan padang ilalang yang membentang hijau. Di sisi kiri dan kanan pantai terdapat hamparan batu-batu karang beragam ukuran dan bentuk yang membuat suasana pantai menjadi terasa eksotis.

Tentu saja hamparan batu-batu koral dengan latar belakang bukit yang itupun bisa menjadi objek foto yang aduhai.

Namun daya tarik utama Pantai Wandamui tentu adalah keberadaaan air terjun setinggi kurang lebih 2 meter. Air terjun Wandamui mengalir dari celah bukit batu yang dipenuhi pepohonan. Alirannya yang tiada henti membentuk semacam danau kecil yang bisa dipakai untuk berenang.

Selanjutnya mengalir menuju laut laksana sungai kecil yang kemudian bersatu dengan ombak pantai. Karena bersumber dari mata air pegunungan, air terjun Wandamui terasa sangat sejuk bahkan dingin

Pantai Wandamui di Teluk Wondama. (Foto: Kabare.id/ Zack) 


Perkawinan antara air pegunungan yang sejuk dengan air laut yang hangat inilah menghadirkan sensasi berbeda.  Para pengunjung bisa merasakan kenikmatan mandi di laut yang airnya hangat bercampur air pegunungan yang sejuk nan dingin. Sungguh pengalaman istimewa yang jarang didapatkan.

Hal inilah yang dirasakan Jimmy Namsa, warga kota Wasior sewaktu berkunjung ke Pantai Wandamui belum lama ini.  Kepada Kabare.id, Jimmy menilai Pantai Wandamui layak dikembangkan menjadi destinasi wisata karena memiliki keunikan yang jarang ditemukan di pantai pada umumnya.

“Sangat indah, mantap dan sangat luar biasa dan juga unik. Kenapa unik, karena kita lihat di sebelah sana ada air terjun. Itu unik sekali, jarang ada pantai yang langsung ada air terjunnya, “ ungkap Jimmy yang mengaku baru pertama kali berkunjung ke pantai tersebut.

Pengunjung lainnya, Nomensen Mambobo juga mengaku takjub dengan keunikan pantai Wandamui. Seperti Jimmy dia pun menilai Wandamui bisa menjadi tempat rekreasi favorit warga lokal maupun dari luar daerah jika dilakukan penataan lebih baik oleh Pemda.

Pantai Wandamui memang belum banyak diketahui masyarakat. Letaknya yang berada di celah perbukitan membuat pantai indah ini menjadi seperti tersembunyi. Padahal jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Wasior, ibukota Teluk Wondama.

Baru dalam setahun terakhir Dinas Pariwisata Teluk Wondama melirik pantai pasir putih untuk dikembangkan menjadi objek wisata baru. Selain membangun pelabuhan tambatan perahu, Dinas Pariwisata juga sudah membangun lima unit gazebo sebagai tempat berteduh dan bersantai.

Pemandangan di Pantai Wandamui. (Foto: Kabare.id/ Zack)


“Saya lihat sudah ada tempat duduk-duduk (gazebo) yang ada di sini. Saya harapkan fasilitas itu ditambah supaya kalau ada banyak yang datang ke sini bisa dipakai. Tetapi yang penting itu bagaimana dibangun jalan karena belum ada jalan darat untuk ke sini. Orang masih lewat laut semua, “ ucap Mambobo.

Secara umum akses menuju Pantai Wandamui tidak terlalu sulit. Pengunjung bisa memilih menggunakan jalur darat maupun jalur laut. Jika menggunakan jalur darat, bisa memakai mobil atau cukup dengan sepeda motor. Waktu tempuh sekitar satu setengah hingga 2 jam dari kota Wasior.

Hanya saja kendaraan tidak bisa mengantarkan sampai ke lokasi karena belum ada jalan penghubung dari jalan utama menuju kawasan pantai. Pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu menuruni lereng bukit sejauh kurang lebih 500 meter. 

Kalau memakai jalur laut cukup menggunakan perahu bermotor selama lebih kurang 45 menit sampai 1 jam dari kota Wasior. Perahu bisa langsung sandar di pantai atau berlabuh di dermaga kayu yang sudah dibangun di pantai tersebut.

Sekedar diketahui, pantai Wandamui berada di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) yang merupakan taman laut terluas di Indonesia. Bagi pengunjung dari luar Wondama, anda juga bisa memanfaatkan waktu dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata lain di kawasan TNTC yang memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. (brv)

 

 

Pewarta: Zack
Editor: Baskoro Dien

zack

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post