Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Ini Dia 5 Pemenang Pattimura Photography Competition 2019

Judul Foto: “Keindahan Pintu Kota”, sebagai juara ke-4 ajang Pattimura Photography Competition 2019. (dok. Ambon Extravaganza)

Pattimura Photography Competition 2019, salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam acara Ambon Extravaganza, telah memilih 5 pememang sebagai foto terbaik.

AMBON-KABARE.ID: Pattimura Photography Competition 2019 sukses digelar pada 1-3 Mei 2019. Ajang ini diikuti oleh 25 fotografer profesional dari berbagai daerah di Indonesia, 7 diantaranya adalah fotografer profesional dari kota Ambon.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, selama tiga hari perlombaan, para fotografer profesional tersebut berhasil membidik 675 foto yang diterima panitia. Di lomba ini para fotografer berkompetisi untuk membidik keindahan kota, alam, seni dan budaya di Kota Ambon. 

Itinerary yang kami buat memang untuk mengangkat kembali ‘harta karun’ di Kota Ambon yang selama ini terpendam dan tidak terekspos ke luar, terutama di level nasional bahkan internasional,” kata Richard dalam keterangan resmi yang diterima Kabare.id, Senin (13/5). 

Pattimura Photography Competition telah menarik banyak fotografer untuk berpartisipasi karena keindahan alam Kota Ambon. Selain itu, total hadiah yang ditawarkan cukup besar, yaitu sebesar 25 ribu USD atau setara Rp350 juta. 

“Nilai total hadiah kami buat besar karena kami menginginkan lomba yang kami selenggarakan ini berskala internasional,” kata Reza Valdo Maspaitella, President & CEO, Valdo Group, sebagai salah satu Dewan Penasihat Kepanitiaan Ambon Extravaganza. 

Baca juga: Musisi Lintas Generasi Luncurkan Album Religi 2019

Dewan juri yang dipilih dalam kompetisi ini adalah fotografer jurnalis ternama dengan reputasi internasional, yaitu Arbain Rambey dan Oscar Motulloh, yang merupakan fotografer senior di dua media terkemuka di Indonesia. Ada juga Embong Salampessy yang namanya sudah tidak asing lagi karena banyak memberikan pelatihan kepada fotografer-fotografer muda di Kota Ambon. 

“Foto-foto yang dinilai pada kompeitisi ini bukan sembarangan karena kompetisi ini juga diselenggarakan dengan serius, di mana para peserta dituntut untuk mengeluarkan kreativitas mereka dalam setiap bidikan foto yang mereka hasilkan di setiap lokasi,” kata Arbain Rambey.

“Tuntutan kreativitas ini dikarenakan lokasi dan objek foto yang telah ditentukan sebelumnya oleh penyelenggara dalam bentuk itinerary perjalanan,” sambung Arbain Rambey.

 

Berikut adalah daftar 5 pemenang Pattimura Photography Competition 2019:

Juara pertama: Firdaus Syahril, mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp100 juta dan sebuah kamera beserta lensa.

Judul Foto: “Time Portal”. 


“Moment yang selalu dinanti bagi para fotografer adalah atraksi menarik dalam setiap event. Pattimura Photography Competition mampu menyajikannya dengan lengkap. Hadiah menarik dikemas dalam tampilan budaya dan alam Ambon yang luar biasa menjadi paket komplit dalam sebuah lomba.” – Firdaus Syahril.

Juara kedua: Raiyani Muharram, mendapatkan uang tunai sebesar Rp 50 juta dan Apple iMac.

Judul Foto: “Bambu Gila”.


“Pattimura Photography Competition sebagai salah satu rangkaian acara Ambon Extravaganza menjadi event menarik bagi para fotografer karena tak hanya sekedar mengasah kemampuan fotografer secara teknik fotografi tapi juga mengasah kepekaan terhadap moment budaya yang sangat diutamakan dalam perlombaan. Hadiah yang fantastis menjadi daya pikat luar biasa. Hingga memacu adrenalin peserta setiap membidik target. Harapan ke depan event lomba ini menjadi agenda tahunan sehingga semakin banyak lagi fotografer Indonesia bahkan kelas internasional bisa berpartisipasi.” – Raiyani Muharram.

Juara ketiga: Sofyan Effendi, mendapatkan uang tunai sebesar Rp25 juta dan MacBook Pro.

Judul Foto: “Senyum Nona Manise”.


“Untuk lomba foto Ambon Extravaganza ini sangat menggiurkan, terutama para pemburu lomba foto nasional, wajar saja peserta Dari berbagai pulau ikutan hadir untuk meramaikan kompetisinya.  Kemudian hadiahnya sangat menarik, karena untuk lomba foto "OTS" On the Spot ini termasuk hadiah yang besar dengan nilai 100jt + produk kamera untuk juara pertama. Mungkin untuk kedepannya panitia bisa mengadakan lagi event serupa di daerah lain, seperti Belitung, Aceh, atau Danau Toba, sekaligus mempromosikan daerah setempat.”  - Sofyan Effendi.

Juara Keempat: Agung Lawerissa Setiawan, mendapatkan uang tunai sebesar Rp15 juta dan Samsung S10

Judul Foto: “Keindahan Pintu Kota”.


“Pada awalnya ragu utuk berangkat ke Ambon karena faktor biaya perjalanan yang tinggi, tapi dengan niat yang kuat akhirnya saya berangkat untuk mengikuti Pattimura Photography Competition di Ambon.  Yang saya dapatkan di lomba ini pertama adalah teman baru dari berbagai pulau dan juga menambah pengalaman di dunia fotografi, alhmdulillah saya bisa mendapatkan Juara 4 dalam lomba ini.  Semoga, jika diadakan lagi lomba ini, kedepannya akan semakin baik lagi dan semakin ramai pesertanya karena lomba ini termasuk lomba foto on the spot dengan hadiah paling besar di Indonesia pada saat ini, dan bisa mencapai tujuan penyelenggara untuk mempromosikan Kota Ambon di dalam negeri maupun di mancanegara.” - Agung Lawerissa Setiawan.

Juara Kelima: Medi Wiharyono, uang tunai sebesar Rp5 juta dan Voucher belanja senilai Rp5 juta.

Judul Foto “Taeno Sunrise”.


“Bisa turut berpartisipasi pada Pattimura Photography Competition 2019 itu adalah sesuatu yang membahagiakan bagi saya. Pertama, memotret sudah menjadi kesenangan saya. Kedua, hadiahnya yang besar sangat menggiurkan dan memotivasi saya. Ketiga, para jurinya yang senior, sangat kompeten, jujur dan fair. Keempat, walaupun jauh lokasinya di kota Ambon dan sekitarnya akan tetapi kaya akan spot-spot foto yang indah dan alami seperti landscape, kebudayaan, dan human interest. Kelima, penyelenggara, sponsor dan panitianya sangat profesional. Semoga acara ini dapat diselenggarakan secara rutin tahunan agar dapat lebih memajukan fotografi dan perkembangan pembangunan kota Ambon ke depannya.” – Medi Wiharyono.

Acara Penutupan Pattimura Photography Competition dan penyerahan hadiah secara simbolik dilakukan oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy.

Dalam sambutannya, Richard mengatakan bahwa karya fotografi dengan tema “Discover the Hidden Treasures of East Indonesia” ini tidaklah mudah untuk didapatkan karena foto-foto yang dihasilkan menggabungkan berbagai elemen kreativitas dan angle seni sehingga memiliki cerita khusus dan memiliki nilai seni yang baik dan tinggi.

"Saya atas nama Pemerintah kota Ambon mengucapkan terima kasih atas partisipasi rekan-rekan yang sudah mau ikut serta dan berkenan untuk meluangkan pikiran, waktu dan tenaga untuk menghasilkan foto yang baik dan artistik ini," kata Richard Louhenapessy. 

“Foto-Foto dari pemenang akan kami simpan dan pasang di Balai Kota dan kami akan pamerkan kembali di setiap event besar yang Pemerintah Kota lakukan, baik di dalam negeri maupun luar negeri,” tandasnya. (rls/bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post