Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Indonesia-Spanyol Jalin Kerja Sama Bidang Teknologi Jalan dan Jembatan

Menteri IPT Spanyol Pedro Saura Garcia (kedua dari kiri), Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono (ketiga dari kiri), dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Hermono (kedua dari kanan). (Foto: Kabare.id/RVM)

Dari sisi kerja sama ekonomi Indonesia dengan negara-negara Uni Eropa, Spanyol menempati urutan keenam di bawah Belanda, Jerman, Inggris, Prancis dan Italia.

JAKARTA-KABARE.ID: Indonesia-Spanyol meningkatkan kerja sama baik pada level government to goverment (G2G) maupun business to business (B2B) khususnya di bidang pembangunan infrastruktur.

Pertemuan kerja sama ini dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat berada di Madrid, Spanyol dalam rangka Business Indonesia Roundtable Meeting yang berlangsung Jumat, 21 September 2018.

Sehari sebelumnya, Kamis (20/9), Basuki melakukan pertemuan dengan pimpinan perusahaan konstruksi Centunion Group membahas peluang kerja sama teknologi jalan layang dan jembatan rangka baja untuk mendukung konektivitas antar wilayah di Indonesia.

Menteri PURR RI Basuki Hadimuljono (kiri), Sekjen Chamber of Commerce Industry Spanyol Adolfo Diaz Ambrona (tengah), dan Wakil Ketua Umum Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Kadin, Erwin Aksa. (Foto: Kabare.id/RVM)

 

Dalam diskusi, Basuki mengatakan pembangunan infrastruktur termasuk jalan dan jembatan telah menjadi prioritas Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk memangkas waktu tempuh dan biaya logistik sehingga akan meningkatkan daya saing nasional.

"Pembangunan jalan layang dan jembatan di Indonesia masih dominan menggunakan konstruksi beton seperti pembangunan Jalan Tol Layang Cikampek. Penggunaan konstruksi baja dalam pembangunan jalan layang dan jembatan sangat dimungkinkan," jelas Basuki dalam keterangan resmi yang diterima Kabare.id, Sabtu (22/9/2018).

Penandatanganan kerja sama antara Kadin Indonesia dan Chamber of Commerce Industry Spanyol. (Foto: Kabare.id/RVM)

 

Salah satu pembahasan diskusi di dalam investement roundtable, dibicarakan tentang potensi Spanyol dalam aspek teknologi kereta api dan pariwisata yang merupakan kekuatan mereka.

Penandatanganan kerja sama antara Kadin Indonesia diwakili Wakil Ketua Umum Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Kadin, Erwin Aksa bersama Sekjen Chamber of Commerce Industry Spanyol Adolfo Diaz Ambrona, disaksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Infrastruktur, Perumahan dan Transportasi (IPT) Spanyol, Pedro Saura Garcia. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post