Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Indonesia – Polandia Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan

Ilustrasi: Pelajar saling bertukar informasi. (Pixabay)

Indonesia berencana menjalin kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan dengan Pemerintah Polandia. Salah satu bentuknya adalah mengirim guru ke Polandia, guna memanfaatkan peluang investasi pendidikan vokasi di bidang pariwisata dan budaya.

JAKARTA-KABARE.ID: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya akan mengarahkan pendidikan vokasi dengan mengirim guru-guru SMK dan instruktur ke Polandia.

Ia juga berharap pengiriman guru ke Polandia juga dapat dikaitkan dengan investasi. “Bisa juga pertukaran pelajar yang selebihnya akan ditindaklanjuti,” ujar Mendikbud Muhadjir dalam keterangan resmi Jumat (1/2/2019).

Selain pertukaran pelajar dan pengiriman guru SMK, Mendikbud juga berencana akan menempatkan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di Polandia. Seperti diketahui selama ini Indonesia belum memiliki Atdikbud di Polandia.

Baca juga: Dapat Anggaran Rp 41,26 Triliun, Menristekdikti Fokus Bangun SDM Berkualitas

Menindaklanjuti program Darmasiswa kepada mahasiswa asing untuk belajar seni, budaya, dan bahasa Indonesia, Mendikbud berharap alumni program Darmasiswa tersebut dapat dijadikan duta-duta Indonesia di Polandia untuk mengenalkan segala potensi yang dimiliki Indonesia.

Menyambut pernyataan Mendikbud, Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah mengungkapkan, terkait dengan pendidikan vokasi nantinya akan dikaitkan dengan investasi. Sehingga melalui pendidikan vokasi, investasi dapat diserap langsung oleh para industri di Indonesia. Keuntungan lainnya adalah, Polandia merupakan negara yang memiliki standar vokasi Uni Eropa dengan biaya hidup (living cost) yang lebih murah dibandingkan dengan negara Eropa Barat lainnya.

“Sehingga sesuai arahan Pak Menteri Pendidikan tadi, vokasi ini dikaitkan dengan investasi yang akan mereka tanamkan di sini (Indonesia). Jadi pendidikan bisa diserap oleh industrinya langsung,” ujar Mauludiah.

Hubungan Indonesia dengan Polandia sendiri sudah terjalin sejak tahun 1974. Hingga 2018, sekitar 450 pelajar Polandia telah mengikuti program Darmasiswa untuk belajar seni, budaya, dan bahasa di Indonesia. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post