Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Dikunjungi Versi Lonely Planet

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menerima penghargaan Top 10 Negara Terbaik Untuk Dikunjungi Tahun 2019. Dimana Indonesia menempati peringkat ke-7. (Foto: Kemenpar)

Lonely Planet mengeluarkan penghargaan berupa Top 10 Negara Terbaik Untuk Dikunjungi Tahun 2019. Di antara ratusan negara, Indonesia menempati peringkat ke-7.

LONDON-KABARE.ID: Penghargaan untuk Indonesia ini diberikan Lonely Planet di World Travel Market (WTM) 2018 di London, Inggris, pada Selasa (6/11/2018). Penghargaan diserahkan oleh Director Client Solution Lonely Planet, Ali Teeman kepada Menteri Pariwisata, Arief Yahya di booth Wonderful Indonesia.

“Saat ini saya sedang berada di pameran pariwisata terbesar di dunia WTM London. Dan, baru saja Indonesia menerima penghargaan sangat bergengsi, sebagai Top 10 negara yang direkomendasikan untuk dikunjungi tahun 2019 oleh Lonely Planet,” kata Menpar Arief Yahya melalui keterangan resmi yang dikutip Kabare.id.

Menurut Menpar, penghargaan ini menjadi pengakuan atas semakin melesatnya pariwisata Indonesia. “Jelas menjadi kebangaan bagi Indonesia, karena masuk dalam jajaran terbaik di dunia untuk dikunjungi. Dampaknya bisa sangat baik untuk pariwisata Indonesia,” katanya.

Baca juga: Mengunjungi Tugu Kilometer 0, Ujung Paling Barat Indonesia

Lonely Planet adalah salah satu panduan perjalanan dan penerbit media digital terbesar di dunia. Perusahaan ini dimiliki oleh BBC Worldwide yang membeli 75% saham dari pendirinya, Maureen dan Tony Wheeler pada tahun 2007 dan 25% sisanya pada bulan Februari 2011.

Daftar 10 negara terbaik untuk dikunjungi tahun 2019 yang direkomendasikan Lonely Planet, diterbitkan dalam buku Best In Travel 2019. Bukan hanya masuk dalam 10 besar, sampul buku Best in Travel 2019 juga bergambar Pura Ulun Danu, Bali, yang menjadi kebanggan tersendiri.

Salah satu alasan para expert Lonely Planet memasukkan Indonesia dalam daftar top 10, adalah kekayaan alam dan budaya. Kekayaan ini membentang dari Sabang sampai Merauke.

"Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau. Terdiri dari beragam budaya, kuliner, dan agama. Semua membentang antar pulau, menawarkan segudang pengalaman," tulis Lonely Planet dalam buku itu.

Baca juga: Destinasi Pariwisata Banyuwangi Dipromosikan Hingga ke Belgia

Lonely Planet juga menuliskan kondisi terakhir Indonesia yang sempat terkena musibah gempa. Namun, mereka tetap menyatakan Indonesia adalah negara yang aman untuk dikunjungi.

"Gempa baru-baru ini terjadi di beberapa bagian Indonesia yang berada di lintasan Ring of Fire. Respons atas bencana alam dilakukan dengan baik, tapi negara ini tetap aman bagi para wisatawan," ujar Lonely Planet.

Tidak hanya kondisi Indonesia yang disorot. Kebijakan Pemerintah Indonesia memberikan akses Bebas Visa Kunjungan (BVK) untuk 169 negara di dunia, juga dipuji. "Akses bebas visa untuk 169 negara. Tidak pernah lebih mudah untuk berkunjung ke negara tropis ini," tulis Lonely Planet.

Terakhir, pihak Lonely Planet juga mengimbau semua orang untuk segera liburan ke Indonesia. "Pergilah sekarang ke Indonesia, sebelum semua rahasianya terekspose!" saran Lonely Planet.

Dalam daftar itu, Sri Lanka menempati peringkat pertama. Diikuti Jerman dan Zimbabwe di posisi 2 dan 3. Sedangkan peringkat 4, 5, 6, berturut-turut diduduki oleh Panama, Kyrgyzstan, dan Yordania. Indonesia berada di peringkat 7, di atas Belarusia, Sao Tome and Principe, dan Belize yang dipilih diperingkat 8, 9, dan 10. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post