Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Indonesia Juara Umum International Teenagers Mathematics Olympiad 2019

Foto: Kemendikbud RI

Indonesia menjadi juara umum di ajang International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) 2019 yang digelar pada 13 - 17 Oktober 2019 di Lucknow, India.

JAKARTA – KABARE.ID: Tim Indonesia secara umum meraih 9 medali emas, 9 medali perak, 1 medali perunggu, dan 1 juara Harapan. Prestasi tersebut diraih Tim SMP Indonesia yang berkompetisi di ITMO 2019.

ITMO 2019 ini diikuti oleh 16 negara, yaitu Bangladesh, Bulgaria, Finlandia, Filipina, India, Indonesia, Malaysia, Russia, Taiwan, Thailand, Sri Lanka, Afrika Selatan, Nepal, Vietnam, Uni Emirate Arab, dan Tajikistan.

Ketua Delegasi Indonesia dari Tim SMP Indonesia, Ridwan Hasan Saputra mengatakan, prestasi ini merupakan hasil jerih payah dan doa yang tidak terputus dari anak-anak dan para pembina.

“Kita bisa dapatkan prestasi yang luar biasa dengan menjadi juara umum ITMO 2019. Ini artinya tim Indonesia jadi yang terbaik di kompetisi ini,” ujarnya, sebagaiman dikutip Kabare dari laman kemdikbud.go.id, Rabu (23/10).

ITMO merupakan kompetisi dua tahunan sejak tahun 2015 yang diselenggarakan oleh IMC Committee Board. Kompetisi ini terdapat dua tingkat: Key Stage II (SD) dan Key Stage III (SMP).

Untuk tiap tingkatan peserta mengikuti kompetisi Individu dan kompetisi Tim. Selain kompetisi, pada even ITMO juga terdapat kegiatan pertukaran budaya, study tour, field trip, dan puzzle challenge. Kegiatan ini untuk merekatkan persahabatan dari peserta yang berasal dari berbagai negara. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post