Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Indonesia – Argentina Sepakat Tingkatkan Kerjasama di Bidang Perdagangan, Investasi dan Pertanian

Wakil Presiden, Jusuf Kalla menerima kunjungan resmi Wakil Presiden Argentina, Gabriella Michetti di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (7/5/2019). (Foto: dok. Kemenlu)

Argentina merupakan mitra perdagangan terbesar kedua bagi Indonesia di Kawasan Amerika Selatan. Tahun 2018, total perdagangan kedua negara mencapai 1,68 miliar, dengan defisit mencapai 1,2 miliar di pihak Indonesia.

JAKARTA-KABARE.ID: Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) menerima kunjungan resmi Wakil Presiden Argentina, Gabriella Michetti di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (7/5/2019). Ini merupakan kunjungan pertama Wakil Presiden Argentina ke Indonesia sejak pembukaan hubungan diplomatik tanggal 30 Juni 1956.

Selain Duta Besar Argentina di Jakarta, Ricardo Bocolandro, beberapa pejabat tinggi dari Departemen Luar Negeri, Departemen Pertanian dan Depertemen Perdagangan Argentina juga ikut serta dalam pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan ini, kedua Wapres sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang perdagangan, investasi dan pertanian.

Baca juga: Indonesia Promosikan Kuliner Lokal di Ajang Gastronomy Tourism 2019 

Wapres JK menjelaskan bahwa Argentina merupakan mitra perdagangan terbesar kedua bagi Indonesia di Kawasan Amerika Selatan. Tahun 2018, total perdagangan kedua negara mencapai 1,68 miliar, dengan defisit mencapai 1,2 miliar di pihak Indonesia.

“Saya mendorong agar kita dapat mencapai perdagangan yang lebih seimbang dan saling menguntungkan,” ujar JK dalam keterangan resmi Kemenlu yang dikutip Kabare, Rabu (8/5).

Untuk mencapai target itu, Indonesia menawarkan produk industri strategis, yaitu pesawat terbang produksi PT. Dirgantara Indonesia. Selain itu, JK juga meminta agar Argentina terus mengurangi berbagai hambatan perdagangan baik tarif dan non-tarif. JK meminta akses pasar bagi buah Indonesia, seperti buah tropis dan kacang-kacangan yang kompetitif di pasar Argentina.

Baca juga: Dongkrak Pariwisata dan Kebudayaan Melalui Festival Pulau Roon

Untuk meningkatkan hubungan perdagangan, JK mengundang pengusaha Argentina untuk hadir di kegiatan Indonesia-Latin American and the Caribbean Bisnis Forum dan Trade Expo Indonesia (TEI).

Di bidang pertanian, Indonesia dan Argentina sudah membentuk Working Group on Agricultural Cooperation (WGAC) yang telah menghasilkan Rencana aksi kerjasama. Dalam bidang ini, Indonesia ingin mengembangkan kerja sama terkait pengembangan sistem teknologi pertanian.

Hal ini disambut baik oleh Wapres Michetti yang mengakui besarnya potensi kerja sama di bidang perdagangan dan investasi, serta berkeinginan untuk menerjemahkan potensi tersebut ke dalam bentuk kerja sama yang bersifat strategis.

Secara khusus, Michetti berkeinginan untuk mendorong kerjasama teknik dalam kerangka kerjasama Selatan-Selatan. Ia meyakini bahwa kerja sama teknik kedua negara dapat menjadi pintu menuju kerja sama yang lebih besar. Michetti juga menyampaikan keinginannya untuk melakukan kerjasama dengan Indonesia di sektor industri makanan halal.

Baca juga: Lika Liku Eva Dawalul Membawa Bordir ke Pentas Dunia

Dalam kunjungannya ini, Michetti juga akan melakukan pertemuan dengan kalangan pengusaha Indonesia untuk lebih jauh menggali potensi kerjasama. Topik lainnya yang juga dibahas dalam kunjungan Wapres Argentina mencakup pemberdayaan dan kebijakan terkait penyandang disabilitas.

Wapres Argentina dijadwalkan akan bertemu dengan komunitas penyandang disabilitas Indonesia di Kantor Kementerian Sosial pada 8 Mei 2019.

Usai menerima undangan berpartisipasi di pameran Indonesia, Wapres Argentina balas mengundang Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan Pertemuan tingkat tinggi bagi penyandang disabilitas, Disability Summit, yang akan berlangsung di Buenos Aires tanggal 6-8 Juni 2019. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post