Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Indonesia Akan Bangun Museum Pendidikan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (Twitter)

Museum Pendidikan diharapkan tidak hanya memberikan rekreasi, tetapi juga edukasi dan juga inspirasi.

JAKARTA-KABARE.ID: Pemerintah berencana untuk mendirikan museum pendidikan tingkat nasional yang memiliki koleksi khusus tentang pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan, nantinya museum ini dapat menghadirkan alur cerita pendidikan Indonesia sejak zaman pra-sejarah hingga saat ini. Dengan begitu generasi muda pun bisa melihat sejarah pendidikan Indonesia sebagai bagian dari pembelajaran bagi mereka.

“Museum Pendidikan ini diharapkan dapat menjadi wahana sumber-sumber informasi (sejarah) pendidikan nasional Republik Indonesia, sumber informasi pendidikan nasional, dan wahana memori kolektif pendidikan yang berkarakter,” kata Mendikbud Muhadjir di Jakarta, belum lama ini.

Gagasan pembangunan museum pendidikan ini mendapat dukungan dari Mendikbud era tahun 1993-1998, Wardiman Djojonegoro.

“Saya sangat setuju Pak Menteri menggagas pendirian Museum Pendidikan.. Semoga pendiriannya cepat, dan segera diputuskan gedung yang mana. Harus nyaman bagi pengunjung, bisa duduk, baca, bisa lihat video, dan dengar musik,” ucapnya

Dukungan pun disampaikan oleh Muhammad Nuh, Mendikbud era tahun 2009-2014. Ia mengatakan bahwa ide untuk membangun Museum Pendidikan sangat bagus, karena ciri negara maju ada tiga, yakni sungainya bersih, museumnya bagus, dan sekolahnya bagus.

“Saya berharap Museum Pendidikan ini menjadi pengingat kita akan perjalanan pendidikan di Indonesia, dan pengingat bahwa perjalanan suatu bangsa yang besar tidak luput dari perjalanan sejarah pendidikannya.. Saya berharap Museum Pendidikan ini dapat memberikan edukasi, inspirasi, dan juga rekreasi bagi kita semua,” pesan Mendikbud. (bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post