Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Ikan Bungkus, Pepes Ikan Khas Teluk Wondama

Ikan bungkus khas Papua. (Foto: Wondama.com)

Jika pepes pada umumnya menggunakan daun pisang, masyarakat di Teluk Wondama memasak pepes ikan menggunakan daun talas.

TELUK WONDAMA - KABARE.ID: Pepes atau Pais merupakan suatu cara khas dari Jawa Barat untuk mengolah bahan makanan (biasanya untuk ikan) dengan bantuan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering.

Nah di Teluk Wondama dan Papua pada umumnya, masyarakat juga punya cara yang mirip dalam mengolah ikan. Bedanya masyarakat setempat menyebut olahan tersebut dengan sebutan ikan bungkus. Sekilas tampilan masakan ini memang mirip dengan pepes ikan. Namun beberapa detail kecil membuat ikan bungkus ini berbeda sekaligus punya kelebihan dibanding pepes biasa. Terutama terkait daun pembungkus dan bumbu yang digunakan.

Masyarakat di Teluk Wondama memasak ikan bungkus menggunakan daun talas. Untuk tiap satu bungkus ikan, diperlukan antara dua sampai tiga daun demi mencegah kerusakan ketika dibakar. Sebelum dimasak, daun talas mesti dibersihkan dahulu getahnya menggunakan garam. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan untuk memakai daun pisang sebagai penggantinya sebagaimana pepes ikan pada umumnya.

Ikan yang biasa dimasak adalah bandeng dan jenis ikan laut lainnya. Salah satu alasan utama ikan bandeng dipilih adalah kebaikan tekstur dagingnya. Daging ikan bandeng bisa tetap kenyal dan tidak hancur setelah pembakaran. 

Karakter khas ikan bungkus berikutnya terletak pada bumbu yang mampu menghasilkan aroma dan citarasa yang luar biasa. Salah satunya adalah daun salam yang selalu digunakan setiap memasak ikan bungkus. Daun salam inilah yang memberi aroma sedap begitu bungkus ikan dibuka. Dua bumbu lain yang juga mendominasi adalah blimbing wuluh dan cabe rawit. Kombinasi 3 bumbu tersebut kemudian menciptakan paduan rasa dan aroma yang menantang lidah pecinta makanan laut.

Proses pembuatan ikan bungkus cukup mudah. Siapkan ikan, daun talas, blimbing wuluh, dan cabai sebagai bahan dasar utama. Tak ketinggalan juga garam, gula, bawang, lengkuas, dan ketumbar sebagai bumbu pelengkap. Berbagai bumbu tersebut sebagian hanya sekadar dipotong seperti blimbing, cabai, daun salam, dan lengkuas sedang sisanya dihaluskan. Setelah bumbu siap, masukkan ikan yang sudah diberi bumbu halus ke daun talas. Taruh bumbu yang dipotong di lapisan paling luar sebelum menutup ikan bungkus untuk dipanggang. Gunakanlah api kecil atau arang agar matangnya lebih merata. (*)

 

Sumber: Wondama.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post