Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

IHGMA Chapter Jogja Gelar Pelatihan Leadership Coaching Series

Seluruh pengurus IHGMA berfoto bersama M. Tazbir Abdullah usai acara pelatihan digelar.

Era globalisasi pasar bebas AFTA dan MEA membuat persaingan dan kompetisi dalam dunia usaha menjadi sangat ketatnya. Setiap pelaku bisnis berupaya meningkatkan kinerja, target, pelayanan terbaik di bidang usahanya masing-masing, tak terkecuali para hotelier.

Yogyakarta - Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Yogyakarta mengadakan Pelatihan  Leadership Coaching Series For General Manager & Hotel Managers. Sebagai organisasi profesi resmi General Manager Hotel yang berbadan hukum, IHGMA memiliki misi  untuk memberdayakan sumber daya manusia dan  mengabdikan diri demi kemajuan kepariwisataan.  Menggandeng M. Tazbir Abdullah, M. Hum, Asisten Deputi Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata, organisasi ini menggelar pelatihan bagi para general manager sebagai upaya meningkatkan kinerja, target, pelayanan terbaik di bidang usahanya masing-masing.

Dalam pelatihan yang digelar Selasa, 18 Oktober 2016 ini di Hotel Jayakarta Yogyakarta, Tazbir menyampaikan beberapa poin penting untuk para hotelier tersebut. Di antaranya memberikan dukungan kepada kegiatan kegiatan  IHGMA yang memberdayakan sumber daya manusia – bidang pariwisata pada khususnya dengan menyelenggarakan pelatihan pelatihan dan sertifikasi untuk General Manager dan Hotel Manager agar sesuai standar internasional menghadapi MEA.

“Menurut saya, rencana IHGMA mengadakan travelmart perlu didukung bersama. Setidaknya, kita perlu membangun kebersamaan dan sinergi agar menemukan strategi pemasaran bersama sehingga persaingan menjadi sehat. Selain itu, perlu adanya kerjasama untuk promosi, melibatkan hotel, dan airlines. Promosi terutama di low season, perlu strategi promosi bersama mensiasati pertumbuhan kamar yang cepat,” papar Tazbir di hadapan 150 general manager dan department head dari hotel hotel di Jogja dan Jawa Tengah.

Tazbir menjelaskan jika semua pihak harus siap dengan perubahan zaman, terutama adanya pasar bebas ASEAN Free Trade (AFTA) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN / ASEAN Economic Community (MEA/AEC) yang makin memperketat persaingan dalam berbagai lini industri, tak terkecuali perhotelan. Adanya laju perkembangan perhotelan yang semakin pesat membuat masing masing hotel berkompetisi baik dari sisi fasilitas, pelayanan dan kinerja.

Sementara itu, Alit Nurwanto sebagai Ketua IHGMA chapter Yogyakarta, menambahkan, untuk dapat mencapai dan mewujudkan semua itu, kualitas sumber daya manusia (manpower) yang menjadi aset perusahaan, sekaligus sebagai ujung tombak keberhasilan dalam mencapai visi dan misi perusahaan, tentulah memegang peranan yang sangat penting. Alit berharap, adanya pelatihan dengan mengundang coaching Andreas Susetya ini dapat memberikan peningkatan mutu, kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi persaingan global.

Teks & Foto : Della Yuanita

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post