Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

IDI Sebut Asupan Protein Tinggi dan Rutin Olahraga Dapat Menangkal Virus Corona

Ilustrasi: Orang sedang berolahraga. (Istimewa)

Ikatan Dokter Indonesia mengajak masyarakat untuk melengkapi asupan susu, telur, dan madu sebagai elemen penting dalam menguatkan daya tahan tubuh. Selain itu olahraga juga diperlukan sebagai kombinasi ampuh imunitas yang dibutuhkan tubuh untuk menghadapi virus Corona.

BEKASI - KABARE.ID: Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengajak masyarakat untuk melengkapi asupan susu, telur, dan madu sebagai elemen penting dalam menguatkan daya tahan tubuh. IDI menyatakan bahwa olahraga dan asupan protein tinggi alami dapat menjadi kombinasi ampuh imunitas yang dibutuhkan masyarakat dalam menjalani kehidupan New Normal.

Pernyataan tersebut disampaikan IDI pada kesempatan gelar Sosialiasi Cegah Covid-19 di kalangan Kader Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) di wilayah Desa Ciantra, Cikarang Selatan pada Minggu (5/7) kemarin. Puluhan ibu rumah tangga yang mewakili 33 Posyandu berkumpul untuk membahas kondisi kesehatan rumah tangga dan masyarakat di era New Normal.

Kesempatan sosialisasi tersebut sekaligus dijadikan momen penyerahan donasi asupan nutrisi tinggi untuk imunitas dari IDI Bekasi dan Aice Group. Bantuan tersebut berupa makanan tambahan seperti susu, telur, madu, serta donasi uang tunai dan juga 2.730 buah es krim Aice Susu Telur kepada para anggota Posyandu dalam momen tersebut.

Ketua IDI Cabang Kabupaten Bekasi, dr. Mulyana Syarip Panija mengungkapkan bahwa kombinasi kandungan susu, telur dan olahraga harus menjadi gaya hidup masyarakat di masa kini. Menurutnya, cara melawan pandemi akan sangat tergantung pada kedisiplinan seluruh masyarakat secara bersama-sama dalam meningkatkan daya tahan tubuhnya. Hal tersebut menjadi cara mencegah proses penularan, terutama di saat belum ada vaksin yang ditemukan.

“Di masa pandemi covid 19 sekarang ini, menjaga gizi yang seimbang sangat penting. Selalu menggunakan masker saat keluar rumah, serta meningkatkan imun tubuh. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk olahraga 15 menit setiap hari, dan memperbanyak konsumsi olahan susu serta telur,” jelas Mulyana, dalam keterangan pers yang diterima Kabare, Kamis (9/7/2020).

Seperti diketahui, susu merupakan elemen yang penting dalam meningkatkan ketahanan tubuh melawan penyakit. Susu bersama dengan telur, merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik karena mudah diserap tubuh dan komposisi asam amino esensialnya lengkap. Susu juga mengandung beberapa sumber zat gizi penting untuk mendukung berfungsinya sistem imun, seperti asam amino esensial, vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (kobalamin), zinc, selenium, dan vitamin D3.

Telur sendiri diketahui memiliki banyak nutrisi seperti vitamin, mineral dan asam amino. Telur juga mengandung protein berkualitas tinggi seperti selenium, fosfor, kolin, vitamin D, B12 dan beragam antioksidan. Komponen tersebut akan membantu menjaga sel-sel tubuh dan meningkatkan imunitas. Dan bagusnya lagi, telur juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang mengurangi penyerapan kolesterol.

Sementara itu, madu memiliki campuran senyawa fruktosa dan glukosa serta kandungan karbohidrat seperti sukrosa, maltrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Madu juga mengandung antioksidan dari senyawa chrysin, pinobaksin, Vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Kandungannya sangat bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga sistem imunitas. Perpaduan konsumsi madu dan telur sangat ideal untuk menjaga stamina. (rls)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post