Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Icip-Icip Lezatnya Kapurung, Saudara Kembarnya Papeda

Foto: Kemenparekraf RI/ Pesona.travel

Kapurung adalah salah satu makanan khas tradisional di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwuk. Makanan yang terbuat dari tepung sagu ini adalah saudara kembarnya Papeda.

JAKARTA - KABARE.ID: Selain ditemukan di warung-warung kapurung juga telah masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern. Di daerah Luwuk sendiri nama Kapurung ini sering juga disebut Pugalu atau Bugalu.

Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Meskipun tergolong kuliner tradisional, tetapi kepopuleran kapurung tetap hidup hingga saat ini. Rasa pedas, asam dan gurih menjadi karakter dari kapurung yang berasal dari Palopo ini.

Di kota Palopo Selatan dan Masamba Kapurung disajikan berbeda. Kapurung Palopo terdiri dari rebusan sayur kacang panjang, bayam, jantung pisang dan terong, lalu dicampur menjadi satu dengan cacahan daging ayam, ikan dan udang. Setelah itu tambahkan kuah berwarna kuning dari kaldu ikan yang diberi kunyit dan rempah-rempah lainya.

Sementara, kapurung Masamba atau kapurung utara, disajikan berupa adonan sagu yang disiram dengan air mendidih yang kemudian dibentuk bola-bola (dui). Lalu ditempatkan secara terpisah dengan sayur lauknya.

Meskipun cara penyajianya berbeda, rasa dan campuran isinya tidak jauh berbeda dan sama-sama enak. Nah, kalau Anda sempat mampir ke Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk coba wisata kuliner yang satu ini ya! (*/bas)

Basakoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post