Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Hukuman Joget Bagi Warga Bali yang Tidak Pakai Masker

Banjar Tegal Luwih, Desa Dalung, Kuta Utara, Badung, Bali punya cara unik untuk menghukum warga yang membandel tidak menggunakan masker saat keluar rumah. Hukumannya adalah berjoget.

BALI – KABARE.ID: Kepala Lingkungan (Kelian) Banjar Tegal Luwih I Made Agus Sawitra, mengatakan, warga yang kedapatan tidak memakai masker saat keluar rumah akan diberi hukuman joget di tempat. Sanksi ringan ini untuk memberikan efek jera sekaligus edukasi ke masyarakat yang melanggar.

"Memang saya menyarankan ke pecalangnya (Petugas Keamanan di Bali) kalau bisa kita itu imbau nggak usah terlalu keras kita kasih edukasi juga dia gitu, kebetulan ada ide kasih joget dia tapi tetap kita kasih masker juga," kata I Made Agus Sawitra, sebagaimana diberitakan detikcom, Rabu (20/5/2020).

Agus menjelaskan sidak tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap hari Sabtu. Hingga kini, pihaknya telah melakukan empat kali sidak.

Menurut Agus, dalam sidak rutin tersebut masih banyak masyarakat yang tidak memakai masker. Sidak akan terus dilakukan ke depan guna mengingatkan masyarakat yang masih abai.

"Masih banyak yang tidak memakai masker kebetulan masih banyak di Dalung Permai itu kan banyak proyek-proyek juga, nah sebagian itu pekerja proyek yang nggak pakai masker itu kemarin orang naik mobil itu pick up terbuka nggak pakai masker semua makanya kita hukum di sana gitu, masih banyak yang mengabaikan," ujar Agus.

Pecalang, lanjut I Made Agus, akan menjadi garda terdepan untuk mengimbau warga yang tidak mematuhi protap kesehatan Covid-19. Hukuman joget ini diberikan untuk menghindari hukuman secara fisik.

"Tujuannya untuk membentuk citra yang humoris kepada masyarakat bahwa pecalang tidak harus galak dan tegas dalam memberikan imbauan dan menghindari hukuman fisik kepada masyarakat dan setelah diberikan hukuman kita tetap memberikan masker kepada pelanggar," ungkap Agus. (*)

 

Sumber: Detik.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post