Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Guru Harus Kreatif Menciptakan Suasana Kelas yang Nyaman

Ilustrasi: Tribun Sumsel/Abriansyah Liberto.

Metode pelajaran dengan perintah atau ceramah harus ditinggalkan oleh guru dan diganti dengan metode yang mampu membuat suasana kelas menjadi lebih hidup, menyenangkan, kreatif, dan dialogis.

TASIKMALAYA-KABARE.ID: Guru perlu terus menerus mengevaluasi metode mengajar agar dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan.

Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ferdiansyah mengatakan, penerapan metode mengajar yang tepat berdampak pada pemahaman karakteristik siswa saat belajar.

"Sudah bukan saatnya lagi, memulai pelajaran dengan perintah: anak-anak, buka buku halaman sekian, baca dalam hati, dan jawab pertanyaannya," kata Ferdiansyah, seperti dikutip laman Kemendikbud, Rabu (8/8/2018).

Ferdiansyah menambahkan bahwa metode ceramah sudah harus ditinggalkan dan diganti metode yang mampu membuat suasana kelas menjadi hidup, menyenangkan, kreatif, dan dialogis.

"Guru perlu memahami karakter tiap anak, dan mendorong tiap anak maju sesuai potensi terbaiknya," kata Ferdiansyah.

Caranya, guru harus meningkatkan kompetensinya. Hal ini bisa dilakukan dalam bentuk pelatihan atau lokakarya.

Aktivitas-aktivitas seperti studi banding, diskusi dalam kelompok kerja guru, belajar dari berbagai sumber juga merupakan upaya peningkatan kompetensi. (bas)
 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post