Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Gereja Tua di Kampung Yende Punya Injil Berusia 119 Tahun

Gereja Tua Yende (Facebook|wondama|ichalpapua.blog)

Gereja tua di Kampung Yende Distrik Roon Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat mempunyai kitab Injil tertua di Papua yang menjadi daya tarik wisata religi daerah tersebut.

WONDAMA – KABARE.ID: Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC) Ben G Saroy mengatakan, gereja di kampung tersebut sudah berumur ratusan tahun.

"Di situ juga ada kitab Injil tertua di tanah Papua. Usianya diperkirakan mencapai 119 tahun sejak penginjil datang di kampung tersebut. Jasad para penginjil pun kuburkan di situ," kata Ben. (Tempo.co, Januari 2018)

Menurut Ben, dari segi geografis, Kampung Yende sangat mempesona jika dilihat dari arah laut. Kampung ini berada tepat di pesisir pantai. Transportasi laut menuju kampung pun saat ini sudah lebih mudah.

"Kalau kita dari Manokwari, kapal akan lebih dulu singgah di Yende sebelum ke Wasior. Pantainya bersih, suasana di kampung pun masih sangat alami," kata dia.

Selain Yende, obyek pariwisata lain bisa dinikmati di kawasan tersebut, baik di darat maupun laut. "Di situ ada sebuah pulau kecil yang menjadi tempat peristirahatan hewan-hewan malam dan siang seperti burung dan kelelawar. Pada pagi dan sore hari kita bisa menyaksikan bagaimana mereka bergantian menjaga pulau," ujarnya.

Pulau tersebut berdiri layaknya tiang. Di atas permukaan laut ditumbuhi pepohonan lebat. Di dasar laut pulau ini dipenuhi berbagai jenis terumbu karang. "Kalau mau snorkeling dan diving bisa dilakukan di sini,” tandas Ben. (*)

 

Sumber: Tempo.co
 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post