Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Gerakan Menanam 1 Juta Pohon Sagu di Papua

Seorang mama di Papua membuat sagu dari pohon rumbia (Foto: Creative Commons)

Gerakan menanam satu juta pohon sagu didorong untuk membudayakan makanan lokal Bumi Cenderawasih. Gerakan ini juga dilakukan untuk mendukung wisata kuliner yang menyajikan makanan-makanan hasil bumi Provinsi Papua.

JAYAPURA-KABARE.ID: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong masyarakat untuk melakukan gerakan menanam satu juta pohon sagu di Bumi Cenderawasih.

Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo mengatakan, gerakan ini harus didorong untuk membudayakan makanan lokal Bumi Cenderawasih, di mana pemprov setempat bekerja sama dengan pemkot dan forum pemberdayaan perempuan Indonesia.

"Setiap perempuan menanam 10 pohon sagu di mana tercatat ada 1.000 orang, sehingga kami berharap setidaknya ada 1.000.000 pohon sagu yang bisa dikembangkan," kata Soedarmo di Jayapura, Selasa (15/5), dikutip antaranews.com.

Gerakan menanam sejuta pohon sagu  dilakukan seiring dengan dibangunnya pusat kuliner yang menyajikan makanan-makanan terbuat dari hasil bumi Provinsi Papua.

Saat ini pihaknya menugaskan Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Noak Kapisa untuk berupaya mencari lahan yang cocok untuk ditanami sagu dan menggerakkan warga melakukan penanaman sagu.

"Kami mengajak seluruh OPD di lingkungan pemprov setempat menggelar wisata kuliner, untuk menyajikan dan menikmati makanan-makanan yang semuanya terbuat dari hasil bumi Provinsi Papua," ujarnya. (bas)
 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post