Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Film Indonesia Capai 45 Juta Penonton Sepanjang 2017

Dian Sastrowardoyo dan Cristine Hakim dalam Film Kartini. (Instagram)

Perkembangan film lokal semakin baik terbukti dari jumlah penonton mencapai 45 juta orang pada 2017 dibandingkan dengan 16 juta orang pada 2015.

JAKARTA-KABARE.ID: Kementerian Pendidikan (Kemdikbud) mencatat kenaikan penonton film domestik menjadi 45 juta penonton pada 2017 daripada 2015 yang mencapai 16 juta orang.

"Ini menunjukkan perkembangan film lokal semakin baik dan film yang diproduksi dari tahun ke tahun semakin baik," ujar Sekretaris Jenderal Kemdikbud Didik Suhardi di Jakarta, Rabu (21/2).

Dilansir dari Antara, Didik mengatakan, konsekuensi dari semakin baiknya kondisi perfilman Tanah Air, berdampak pada kebutuhan tenaga kerja terutama lulusan teknisi dan operator. Tenaga kerja tersebut biasanya diisi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perfilman.

"Saat ini ada sekitar 120 SMK terkait dengan perfilman. Kita terus bina SMK-SMK ini agar bisa menyiapkan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan industri perfilman," kata Sesjen Kemdikbud.

Kemdikbud juga melakukan pemetaan berapa tenaga kerja lulusan SMK yang dibutuhkan industri perfilman Tanah Air. Di beberapa sekolah, malah ada lulusannya yang langsung ditunggu oleh industri perfilman.

Kemdikbud juga melakukan revitalisasi 18 SMK untuk menyiapkan tenaga terampil di bidang perfilman. Dalam hal ini Pusbangfilm dan Direktorat Pembinaan SMK dapat memberikan pembinaan kepada SMK di bidang perfilman agar dapat menyediakan tenaga perfilman yang berkualitas.

Pengembangan kapasitas SMK tersebut diharapkan dapat menjawab tantangan perfilman nasional, khususnya dalam menghadapi era persaingan global.

"Jangan sampai nanti tenaga-tenaga perfilman nasional kita diisi oleh tenaga dari negara-negara tetangga," imbuh dia. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post